Twinning Program, 2007

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

PERAN ULAMA DALAM MEMBANGUN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT : PASCA KONFLIK (Studi Kasus di Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon)

Syah Awaluddin

Abstract


Tegaknya hukum dan sistem hukum sebagai pilar yang utama dalam proses demokratisasi menjadi salah satu tema pokok yang diperjuangkan dalam era reformasi dewasa ini.
Hukum memainkan peranan yang sangat penting dalam tata kehidupan bersama, Degradasi budaya hukum yang bisa kita rasakan di lingkungan masyarakat Indonesia dewasa ini telah mengakibatkan menurunnya tingkat apresiasi terhadap hukum. Oleh karena itu, membangun kesadaran hukum harus di upayakan dengan sungguh-sungguh oleh segenap element masyarakat, mengingat intensitas pelanggaran hukum yang terus meningkat dari waktu ke waktu.
Batu Merah merupakan salah satu Desa di Kota Ambon yang ikut merasakan akibat dari konflik yang berbau SARA, terhentinya kehidupan sosial-budaya yang ada sebelumnya, di tambah kondisi keamanan yang tidak menentu menyebabkan penduduknya tidak dapat beraktifitas secara wajar.
Sejarah membuktikan ulama Indonesia memegang peranan penting dalam perubahan-perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. Sehingga peneliti menjadi tertarik untuk mencari jawaban tentang peran ulama dalam membangun kesadaran hukum masyarakat Batu Merah pasca konflik, dengan tujuan untuk mengetahui peran ulama dalam membangun kesadaran hukum masyarakat tersebut pasca konflik.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa; observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan ini, peneliti memperoleh jawaban tentang peran tokoh agama Batu Merah dalam mengenalkan nilai-nilai hukum yang mengajak manusia kepada aktifitas yang mempunyai dimensi kesesuaian, mendahulukan kebaikan, menjauhi kerusakan dan memahami, meyakini dan melaksanakan aktifitas sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini. Dalam peneltian ini ditemukan bentuk-bentuk kegiatan, tema dakwah, sikap dan langkah-langkah strategis ulama Batu Merah serta hal-hal lain yang mendukung indikasi adanya peran ulama Batu Merah dalam membangun kesadaran hukum masyarakat pasca konflik. Hasil dari peran ulama dalam membangun kesadaran hukum masyarakat Batu Merah salah satunya dapat di lihat dari situasi keamanan yang makin kondusif dan tingkat kesadaran hukum masyarakat yang dengan suka cita menyambung kembali ikatan persaudaraan pela gandong yang merupakan sub sistem hukum yang terdapat dalam masyarakat adat Batu Merah dan Masyarakat Ambon pada umumnya.
Ulama telah memperjelas identitasnya sebagai pewaris para nabi, dengan menyampaikan misi dan nilai-nilai ajaran agama yang suci, menjadi pelita bagi masyarakat Batu merah dan masyarakat Ambon dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Keyword : Peran ulama, kesadaran hokum

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/243/jiptummpp-gdl-s1-2008-syahawalud-12141-pendahul-n.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC