STUDI KEMAMPUAN HUTAN KOTA DALAM PENYERAPAN KARBON (CARBON SEQUESTRATION) (STUDI KASUS DI KAMPUS UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA)

Jany Tri Raharjo; Chollis Munajad; Pamungkas Aji; Dian Asih K

Abstract


Isu pemanasan global sekarang menjadi salah satu fenomena yang mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan. Emisi gas karbon dioksida dari waktu ke waktu semakin meningkat terutama di daerah perkotaan. Di lain pihak konversi lahan atau ruang terbuka hijau menjadi penggunaan lain di perkotaan semakin meningkat seiring pertambahan penduduk. Jumlah karbon yang semakin meningkat akan mempercepat pemanasan global. Dampak pemanasan global sangat besar terhadap perubahan iklim dunia dan kenaikan permukaan air laut. Hutan kota menjadi salah satu kawasan yang dapat berfungsi untuk mengendalikan pemanasan global dengan kemampuannya dalam menyerap karbon. Berkaitan dengan Kesepakatan Kyoto, hutan kota dapat dikembangkan sebagai kawasan yang dapat diikutsertakan dalam perdagangkan karbon.

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung jumlah karbon yang mampu diserap oleh tegakan hutan kota. Penelitian dilakukan di hutan kota Kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, yaitu Arboretum Fakultas Kehutanan, Arboretum Fakultas Biologi, tegakan pinus bunderan UGM dan Lembah UGM. Inventarisasi jenis penyusun hutan kota di lakukan dengan survey 100%. Metode perhitungan menggunakan metode alometrik biomasa Brown (1997). Parameter penelitian yang diperlukan adalah diameter pohon setinggi dada (1.3 m), tinggi total pohon, dan jenis tanaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hutan kota di kampus UGM mampu menyerap karbon sebesar 16.94668 ton dengan jumlah pohon sebanyak 1131 pohon. Ini membuktikan bahwa hutan kota di kampus UGM mempunyai peran yang besar dalam mengendalikan pemanasan global. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan hutan kota di kawasan perkotaan. Pengembangan hutan kota perlu memperhatikan pemilihan jenis yang akan di Tanam

 

Penulis adalah mahasiswa Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta


Keywords


karbon; biomasa; pemanasan global; hutan kota; umm

Full Text:

DOC