Department of Mathematics, 2005

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

EFEKTIFITAS PERMAINAN ?RUMAH PERKALIAN? TERHADAP KETERAMPILAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN ASLI (Pada Siswa Kelas 3 SD Muhammadiyah 08 Dau Malang)

TITIK HANDAYANI

Abstract


Matematika merupakan salah satu mata pelajaran dasar yang penting untuk sains dan teknologi. Pelajaran matematika dasar bermula dari berhitung, seperti operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Apabila siswa dalam operasi dasar matematika mengalami kesulitan maka untuk pelajaran matematika yang lebih tinggi akan lebih sulit, sehingga menyebabkan siswa malas untuk belajar matematika.
Diadakannya penelitian tentang permainan ?Rumah Perkalian? untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap permainan ?Rumah Perkalian? dan apakah permainan ini dapat membantu siswa dalam belajar perkalian dan pembagian. Permainan ?Rumah Perkalian? merupakan permainan yang terdiri dari 2 kotak dimana kotak I berisi hasil perkalian bilangan 1 sampai 9 sedangkan kotak II berisi bilangan 1 sampai 9 dan permainan ini dimainkan secara berpasangan.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pada kelas 3 di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang dengan judul ?Efektifitas Permainan ?Rumah Perkalian? terhadap Keterampilan Perkalian dan Pembagian Bilangan Asli?.
Instrument penelitian ini menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data untuk mengetahui respon siswa terhadap permainan ?Rumah Perkalian? menggunakan interval yang dibagi menjadi tiga kategori, yaitu tinggi, sedang dan rendah, sedangkan untuk mengetahui efektifitas permainan ?Rumah Perkalian? dihitung dengan rumus uji T dengan menggunakan SPSS.
Dari hasil analisis data tentang respon siswa, diperoleh bahwa siswa mempunyai respon tinggi tehadap permainan ?Rumah Perkalian? dan hasil analisis data tentang tes siswa memperoleh nilai bahwa permainan ?Rumah Perkalian? efektif untuk meningkatkan keterampilan perkalian dan pembagian bilangan asli.

 

Keyword : Permainan "Rumah Perkalian", Perkalian, Pembagian

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/112/jiptummpp-gdl-s1-2005-titikhanda-5583-PENDAHUL-N.PDF



Abstract: PDF , PS , DOC