Department of Mathematics, 2005

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

APLIKASI TRIGONOMETRI PADA PENENTUAN WAKTU SHALAT

FAJAR SETIYAWATI

Abstract


Dalam aplikasi keseharian matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempunyai manfaat sangat besar dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang lain baik exact maupun sosial. Juga tidak ketinggalan pemanfaatan matematika dalam bidang ilmu agama. Dalam Al-Qur?an Allah SWT berfirman : ?Dirikanlah shalat sesungguhnya shalat itu kewajiban bagi orang mukmin yang ditentukan waktunya.?
Pembahasan masalah ini ditujukan untuk mengetahui peranan trigonometri (matematika) pada rumusan astronomis (dalam menentukan waktu shalat) dipermukaan bumi secara umum. Selain itu juga ingin ditunjukkan bagaimana rumusan yang telah ada tersebut diterapkan, juga bagaimana sebenarnya Islam mengatur tata cara beribadah utamanya dalam penentuan waktu shalat.
Dengan menggunakan metode observasi data untuk deklinasi, equation of time maka diperoleh data dengan rumus ((t - λ + ω)/15) + (12 ? e) + I. Diketahui pula bahwa garis lintang dan garis bujur suatu tempat dipermukaan bumi adalah berbeda dan ini jelas berpengaruh pada waktu-waktu shalat. Akan diperoleh waktu shalat, dengan t diperoleh dengan rumus :
Cos t = - tan ? x tan d , dan h untuk waktu ashar = Cotg h = tan |? - d | + 1, waktu maghrib -1?, waktu isya? -18?, waktu shubuh -20?, waktu dhuhur tidak diperlukan karena 0?, waktu syuruq -1? dan waktu dhuha 4 30. Untuk menghitung waktu-waktu shalat tetap dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

 

Keyword : Trigonometri, shalat, waktu

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/78/jiptummpp-gdl-s1-2005-fajarsetiy-3893-PENDAHUL-N.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC