ANALISIS KOMPLEKSITAS BERBAGAI ALGORITMA PENGURUTAN DATA (DATA SORTING)

ANNA NURHASANAH

Abstract


Suatu studi yang dapat dilakukan menyangkut algoritma adalah analisis algoritma yang salah satu faktornya adalah faktor efesiensi. Untuk mengetahui tingkat efesiensi suatu algoritma menyangkut efesiensi kecepatan memori, digunakan suatu besaran waktu dan ruang, yaitu kompleksitas waktu ruang dari algoritma tersebut. Kompleksitas suatu algoritma sangat berguna untuk membanding-bandingkan beberapa algoritma. Sehingga dapat ditentukan algoritma yang paling efisien dari beberapa algoritma tersebut, serta algoritma yang tepat untuk digunakan untuk suatu kondisi.
Suatu masalah terkadang tidak hanya dapat diselesaikan dengan satu cara atau metode, tetapi dapat diselesaikan dengan beberapa metode. Pada masalah pengurutan data (Data Sorting), mempunyai beberapa cara atau metode yang dapat digunakan. Beberapa diantaranya adalah metode Bubble Sort, metode Selection Sort dan metode Quick Sort. Dari ketiga metode tersebut, dilakukan analisis algoritma. Tujuannya untuk menggetahui kompleksitas waktu asimptotiknya yang dinotasikan dengan notasi Big-O (O-Besar).
Analisis ini diawali dengan membuat algoritma dari ketiga metode tersebut. Tentukan operasi apa saja yang terjadi pada algoritma Sorting tersebut, yaitu : operasi perbandingan dan operasi pertukaran, serta memperhatikan kemungkinan kasus terbaik, kasus terburuk, dan kasus rata-rata yang terjadi pada setiap operasi. Selanjutnya tentukan jumlah operasi perbandingan dan pertukaran yang terjadi pada masing-masing algoritma Bubble Sort, Selection Sort dan Quick Sort untuk n masukan data dan tentukan masing-masing kompleksitas waktu asimptotik (Big-O)nya. Kelompokan dan bandingkan kompleksitas waktu asimptotik dari ketiga algoritma tersebut. Sehingga dapat menentukan algoritma yang paling efisien dari ketiga algoritma tersebut.

 

Keyword : Kompleksitas Algoritma, Sorting, Bubble Sort, Selection Sort, Quick Sort.

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/51/jiptummpp-gdl-s1-2005-annanurhas-2550-Pendahul-n.pdf


Keywords


Kompleksitas Algoritma; Sorting; Bubble Sort; Selection Sort; Quick Sort.