HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERINTERAKSI SISWA DALAM BELAJAR KELOMPOK DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS II SLTP RADEN FATAH BATU

Sri Wahyuningsih

Abstract


Kemampuan berinteraksi merupakan suatu kemampuan berhubungan yang dinamis yang menyangkut hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok maupun antara individu dengan kelompoknya dalam melakukan suatu hubungan tertentu. Berinteraksi sebagai alat mencapai tujuan dalam kaitannya untuk memberikan perhatian, komunikasi, motivasi dan menguasai diri sendiri dalam berkomunikasi. Keberhasilan pencapaian prestasi juga didasarkan pada kemampuan berinteraksi sehingga para peserta didik (siswa) dapat mencapai prestasi belajar dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan berinteraksi siswa dalam belajar kelompok dengan prestasi belajar matematika di kelas II SLTP Raden Fatah Batu, sehingga hipotesis dapat dirumuskan sebagai berikut: ?Ada hubungan antara kemampuan berinteraksi siswa dalam belajar kelompok dengan prestasi belajar matematika di kelas II SLTP Raden Fatah Batu?.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SLTP Raden Fatah Batu yang berjumlah 60 siswa, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas IIA yang berjumlah 27 siswa yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berinteraksi siswa dalam belajar dengan prestasi belajar matematika, maka analisis data menggunakan metode uji-chi-sqare dengan taraf signifikansi yang digunakan adalah 5%.
Dari hasil penelitian yang diperoleh, diketahui bahwa dari seluruh siswa yang diteliti tentang kemampuan berinteraksi hanya 63% siswa yang tergolong kedalam siswa yang sedang, sedangkan siswa yang tergolong dalam kategori tinggi dan rendah rata-rata 18,5%. Untuk hasil penelitian tentang prestasi belajar terdapat 18,5% siswa yang tergolong prestasi belajar tinggi, sedangkan siswa yang tergolong sedang lebih banyak yaitu 70,4% dan siswa yang tergolong rendah hanya 11,1%. Hal ini dikarenakan munculnya kepuasaan siswa dengan kemampuan yang dimilikinya sekarang, yang berakibat pada kurangnya upaya siswa tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar matematikanya. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berinteraksi siswa dalam belajar kelompok dengan prestasi belajar matematika pada siswa kelas II SLTP Raden Fatah Batu adalah sedang. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai persiapan untuk meningkatkan kemampuan berinteraksi siswa dalam belajar kelompok guna meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.

 

Keyword : Kemampuan Berinteraksi Siswa, Kelompok Belajar, Prestasi Belajar Matematika.

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/52/jiptummpp-gdl-s1-2005-sriwahyuni-2551-Pendahul-n.pdf


Keywords


Kemampuan Berinteraksi Siswa; Kelompok Belajar; Prestasi Belajar Matematika.