TINGKAT KESALAHAN PADA PENGHITUNGAN LUAS DAERAH BIDANG RATA PADA METODE TRAPESIUM DAN SIMPSON

PURNAMA ARAFAH

Abstract


Metode numerik adalah teknik yang digunakan untuk memformulasikan persoalan matematika sehingga diperoleh solusi yang mendekati solusi sejati, salah satunya adalah dengan menggunakan metode trapesium dan metode simpson, dalam hal ini setiap nilai hampiran yang oleh kedua metode tersebut akan selalu terapatselisih atau tingkat kesalahan yang pada umumnya disebut dengan galad. Nilai galad itulah yang nantinya akan menentukan tingkat ketelitian kedua metode tersebut.
Berdasarkan beberapa kasus dalam pemecahan aproksimasi integral dengan menggunakan kedua metode tersebut, maka tingkat ketelitian yang nilai hampirannya mendekati nilai eksak adalah pemecahan dengan menggunakan hampiran metode simpson, melihat tingkat kesalahan yang dicapai dengan meode simpson lebihkecil dibanding dengan tingkat kesalahan dengan metode trapesium. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah penggunaan polinom interpolasi berderajat yang lebih tinggi pada penurunan rumus simpson, sehingga berpengaruh pada tingkat ketelitian dan nilai hampiran ang ingin dicapai.
Karena dalam kajian ini hanya terbatas pada lebar subinterval yang sama dengan jumlah partisi yang ? 20 buah, maka menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat pada kajian ini, sehingga penulis berharap kajian ini dapat lebih disempurnakan dengan pencarian ketelitian aproksimasi integral suatu fungsi dengan lebar subinterval yang berbeda, beserta bahasa pemrogaman komputernya untuk partisi dalam jumlah yang banyak sehingga akan menghasilkan tingkat ketelitian yang lebih sempurna.

 

Keyword : Aproksimasi Intergal, Metode Trapesium, Metode Simpson.

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/52/jiptummpp-gdl-s1-2005-purnamaara-2560-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Aproksimasi Intergal; Metode Trapesium; Metode Simpson.