ANALISIS KETERBACAAN BUKU TEKS MATEMATIKA SLTP KELAS 1 SEMESTER 1 TERBITAN ERLANGGA (Studi Kasus pada Siswa Kelas 1 MTs Muhammadiyah I Malang)

LILIS FARIDAH

Abstract


Dalam proses belajar mengajar di sekolah, salah satu sarana yang digunakan sebagai sumber belajar adalah buku teks. Buku teks yang digunakan sebagai sarana pembelajaran di sekolah adalah buku teks yang sesuai dengan kurikulum serta dapat menunjang siswa dan melibatkan siswa untuk berpikir aktif dan kreatif. Oleh karena itu dalam memilih buku teks yang perlu dipertimbangkan adalah pengkajian dari faktor keterbacaan. Keterbacaan adalah keseluruhan unsur bacaan yang mempengaruhi keberhasilan yang dicapai oleh sekelompok pembaca dengan bahan tersebut (Hafni, 2001:13).
Untuk mengetahui tingkat keterbacaan buku teks, penelitian ini mengambil data dari hasil analisis teks dan hasil tes kloze yang dilakukan terhadap siswa, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data, tingkat keterbacaan teks dalam buku teks matematika SMP kelas VII semester 1 terbitan Erlangga dikategorikan mudah (independen), artinya teks tersebut dapat dibaca siswa meskipun tanpa bimbingan guru. Kejelasan konsep dalam buku teks tersebut dapat dipahami siswa dengan rata-rata skor siswa yang dicapai adalah 46%. Sedangkan kejelasan lambang matematika, gambar serta kalimat dalam buku tersebut pada taraf rendah. Kesalahan konsep yang terdapat dalam buku tersebut dipahami siswa pada taraf rendah yakni pada skor rata-rata 25,25 %. Sedangkan untuk kesalahan gambar dapat dipahami siswa dengan skor rata-rata 28,25%. Tingkat pemahaman siswa pada koherensi pada taraf sedang karena kemampuan siswa dalam memahami dan membaca teks secara keseluruhan pada tingkat sedang yakni pada rata-rata 62,5 dan 68,55. Bentuk konsistensi dalam buku tersebut dapat dipahami siswa pada taraf rendah. Oleh karena itu melihat pentingnya pengkajian dari faktor keterbacaan,maka perlu adanya motivasi terutama dari guru yakni dengan mewajibkan memiliki buku teks sebagai buku wajib dalam pembelajaran matematika dan lebih memotivasi siswa untuk sering membaca

 

Keyword : Buku Teks, Keterbacaan

Related Links : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/55/jiptummpp-gdl-s1-2005-lilisfarid-2714-PENDAHUL-N.PDF


Keywords


Buku Teks; Keterbacaan; UMM