ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PROSEDUR PADA BILANGAN DAN OPERASINYA PADA SISWA KELAS II MTs MUHAMMADIYAH I MALANG

Itsna Hidayati

Abstract


Matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan daya pikir tinggi, sehingga banyak yang mengatakan matematika adalah pelajaran yang mampu di jangkau oleh anak yang berkemampuan tinggi saja. Oleh karena itu setiap pelajaran matematika banyak siswa yang cenderung mengalami kesalahan dalam memahami pelajaran matematika.
Dari hasil temuan penelitian terdapat kesalahan siswa dalam memahami simbol dan konsep pada bilangan dan operasinya. Kesalahan-kesalahan yang timbul dalam suatu kegiatan belajar matematika tidak seharusnya terjadi. Dengan adanya kesalahan tersebut guru dapat memanfaatkannya sebagai bahan perbaikan pembelajaran yang tengah disajikan pada siswanya.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kelas II-A MTs Muhammadiyah I Malang yang terdiri dari 30 siswa dan diambil 6 subjek penelitian berdasarkan pada tes awal. Dari 6 subjek tersebut di bagi menjadi 3 peringkat, 1 siswa peringkat tinggi, 2 siswa peringkat sedang, 3 siswa peringkat rendah.
Pengambilan data dalam penelitian ini yaitu tes awal dan wawancara. Selain itu data dari tindakan I, II A, II B, dan II C yaitu; wawancara, catatan lapangan, lembar pengamatan, dokumentasi dan tes akhir tindakan. Data tes awal, tes akhir tindakan dan tes akhir penelitian yang terkumpul dianalisis tiap-tiap soal dan jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh subjek penelitian.
Jenis-jenis kesalahan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kesalahan konsep dan prosedur pada bilangan dan operasinya. Kesalahan-kesalahan yang terjadi disebabkan oleh rendahnya penguasaan materi prasyarat yang di miliki siswa, yaitu pemahaman dan penguasaan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian pada bilangan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan yang di lakukan siswa dalam pemahaman simbol dan konsep pada bilangan dan operasinya. Selain itu untuk mengatasi kesalahan yang di lakukan siswa, sehingga di terapkan model pembelajaran agar siswa tidak melakukan kesalahan tersebut

 

Keyword : kesalahan, simbol dan konsep, pembelajaran

Related Links : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/55/jiptummpp-gdl-s1-2005-itsnahiday-2717-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


kesalahan; simbol dan konsep; pembelajaran; umm