UPAYA MENUMBUHKAN KEBERANIAN BERTANYA SISWA MELALUI PENDEKATAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (STUDI DI SDN PURWODADI II KELAS V)

Ninik Ambarwati

Abstract


Matematika merupakan pengetahuan yang esensial sebagai dasar untuk bekerja seumur hidup, karena banyak aktivitas dalam kehidupan yang memerlukan kemampuan matematika.Dengan demikian kualitas belajar matematika di sekolah perlu ditingkatkan antara lain melalui pengelolaan pembelajaran yang lebih menekankan pada aktivitas belajar siswa dalam belajar. Salah satu aktivitas belajar yang perlu ditingkatkan adalah keberanian bertanya siswa. Pendekatan yang digunakan dalam menciptakan suasana yang memungkinkan anak merasa aman dalam bertanya merupakan pendekatan sosial emosional. Pendekatan iklim sosial - emosional dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada siswa mengajukan pertanyaan tertulis, kesempatan membacakan pertanyaan yang diajukan, kompetisi kelompok, yang didukung oleh suasana kelas yang saling menghargai dan menghormati antar personal kelas. Sehingga dengan meningkatnya keberanian bertanya siswa diharapkan prestasi belajar matematika dapat ditingkatkan pula.
Penelitian ini menggunakan rangkaian siklus dimulai dari siklus I sampai dengan siklus III dan didapatkan hasil bahwa pada siklus I keberanian bertanya siswa hanya sekitar 4% pada pertemuan pertama dan 13% pada pertemuan kedua. Pada siklus II (kelompok) meningkat menjadi 47% pada pertemuan ketiga dan 71% pada pertemuan keempat. Penelitian dilanjutkan pada siklus III karena keberanian secara individu belum tampak secara jelas dan pada siklus III didapatkan keberanian bertanya siswa sekitar 50% dan 68% pada pertemuan kelima dan keenam. Dari hasil data diatas diketahui bahwa tujuan dari penelitian ini sudah tercapai yaitu minimal 50% siswa berani bertanya secara spontan, tetapi demi mencapai objektivitas data maka penelitian dilanjutkan pada siklus III perpanjangan waktu dan hasil keberanian bertanya siswa sekitar 58% pada pertemuan ketujuh dan 72% pada pertemuan kedelapan. Berdasarkan kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini telah mencapai tujuan yang diharapkan yaitu dapat menumbuhkan keberanian bertanya siswa. Sedangkan untuk segi efektivitas penggunaan pendekatan sosial emosional didapatkan hasil 72,1%, dari kriteria yang ditetapkan bahwa pembelajaran ini dikatakan efektif apabila nilai hasil tes siswa setelah dihitung hasilnya minimal 55% maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran ini dikatakan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa, Pendekatan sosial emosional yang digunakan yaitu dengan memberi kesempatan pada siswa membuat pertanyaan secara tertulis, membaca pertanyaan, melatih secara lisan dan memberi penguatan, ternyata dapat menumbuhkan keberanian bertanya siswa dan pendekatan sosial emosional yang digunakan untuk menumbuhkan keberanian bertanya siswa efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.

 

Keyword : Keberanian bertanya, Pendekatan sosial emosional

Related Links : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/55/jiptummpp-gdl-s1-2005-ninikambar-2720-Pendahul-n.pdf


Keywords


Keberanian bertanya; Pendekatan sosial emosional; UMM