Department of Mathematics, 2004

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

SEJARAH DAN SISTEMATIKA PEMBUATAN KALENDER

Nur Aini Fajarwati

Abstract


Aktivitas kita sehari-hari selalu berhubungan dengan bilangan, misalnya dalam perhitungan waktu. Penggunaan matematika dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam ilmu-ilmu yang lain, seperti ilmu fisika, biologi, kimia dan lain-lain tidak diragukan lagi. Di dalam ilmu falak, dipelajari tentang sistematika pembuatan kalender dengan menggunakan ilmu hisab. Kalender dilihat dari jenisnya atau macamnya ada banyak sekali, tetapi pada dasarnya, semuanya berdasarkan pada peredaran matahari dan peredaran bulan.
Masalah yang kemudian muncul adalah bagaimana sistematika pembuatan kalender tahun Masehi dan tahun Hijriah serta bagaimana cara mengkonversi atau merubah kalender tahun masehi ke kalender hijriah dan sebaliknya dengan menggunakan ilmu Hisab. Langkah-langkah pembuatan kalender yang pertama adalah menentukan pada hari apa tanggal 1 awal tahun masehi atau awal tahun hijriah. Setelah itu, diurutkan berdasarkan urutan hari dalam satu minggu, bulan dan jumlah hari yang telah ditentukan secara internasional.
Pembahasan kali ini hanya terbatas pada pembuatan kalender Masehi tahun 2005 dan tahun 1426 Hijriah. Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui dan memahami cara pembuatan kalender tahun masehi dan tahun hijriah. Selain itu, juga untuk mengetahui dan memahami cara mengkonversi tahun Masehi ke tahun Hijriah dan sebaliknya.

TRANSLATION

Our activity everyday always related with number, example in the time calculation. Using mathematic in finished the everyday problems or in another science, for example are, physics, biology, chemistry etc, not be hesitant again. In the falak science (astronomi), studied about Sistematic Manufacture of Calendar by using Hisab science (computation science). The calendar, seen from the kind that is very much, but basically all of them be based on Solar System and Lunar System.
The Problems then appear are how the Sistematic Manufacture of the Masehi Calendar and Hijriah Calendar, with how the way of conversion or change the Masehi Calendar to the Hijriah Calendar and on the contrary using Hisab Science. The first step in manufacture of Calendar is determine the day of new years beginning of masehi Calendar ao beginning of Hijriah Calendar. After that, straighten it based on day sequence in a week, month and total day that determine by international.
Discussant this time only limited in Manufacture the Masehi Calendar 2005 and 1426 of Hijriah Calendar. Purpose of this discussant are to know and understanding the way of Manufacture of Masehi Calendar and Hijriah Calendar. Besides it, so to know and understanding the conversion way f Masehi Calendar to Hijriah Calendar and on the contrary.

 

Keyword : kalender tahun masehi, kalender tahun hijriah

Related Links :  http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/20/jiptummpp-gdl-s1-2004-nurainifaj-960-PENDAHUL-N.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC