PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENYAJIKAN DISTRIBUSI PELUANG

Dwi Joko Prasetyo

Abstract


Seiring dengan teknologi yang semakin pesat, menjadikan ruang lingkup aplikasi komputer juga semakin meluas. Salah satu aplikasi dari komputer yaitu dalam bidang matematika, diantaranya adalah dalam menyajikan statistika, contohnya pada proses penghitungan distribusi peluang. Dalam menyelesaikan masalah-masalah distribusi peluang, metode yang digunakan adalah metode distribusi binomial dan distribusi poisson.
Adapun langkah-langkah untuk menyusun suatu pogram untuk menyajikan distribusi peluang adalah sebagai berikut:
1. Merancangan tampilan yang diinginkan, kemudian menuliskan kode-kode program yang dibutuhkan.
2. Program dibagi menjadi beberapa form, diantaranya adalah form materi distribusi binomial, form materi distribusi Poisson, form latihan soal distribusi binomial, form latihan soal distribusi poisson, form penghitungan distribusi binomial, form penghitungan distribusi poisson, dan form help.
3. Pada form materi disajikan materi dan contoh-contoh pada masing-masing metode
4. Pada form latihan soal disediakan soal-soal latihan dan lembar jawaban yang jawabannya di isikan oleh pemakai, kemudian program akan mendeteksi kebenaran dari jawaban tersebut.
5. Sedangkan pada form penghitungan program didesain untuk menghitung nilai-nilai dari distribusi binomial dan distribusi poisson, dengan inputan banyaknya percobaan (n), banyaknya kejadian sukses (x), banyaknya peluang munculnya kejadian sukses (p).
6. Adapun bantuan pemakaian program disediakan dalam form help.

 

Keyword : metode distribusi binomial, distribusi poisson, program Delphi

Related Links :  http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/20/jiptummpp-gdl-s1-2004-dwijokopra-964-pendahul-n.pdf


Keywords


metode distribusi binomial; distribusi poisson; program Delphi; UMM