APLIKASI METODE NEWTON-RAPHSON UNTUK PENGOPTIMALAN ALIRAN DAYA LISTRIK

Nurul Muttaqinah

Abstract


Seiring dengan teknologi yang semakin pesat ruang lingkup dan aplikasi matematika makin meluas. Salah satu aplikasi dari matematika yaitu dalam bidang teknik, terutama dalam menyelesaikan masalah-masalah teknik, contohnya pada proses pentransmisian yang mempunyai masalah seperti terjadinya ketidakseimbangan pengiriman daya antara daya yang dikirim dari generator dengan daya yang diterima oleh beban. Dalam menyelesaikan masalah-masalah aliran daya listrik metode yang digunakan adalah metode Newton Raphson dengan menggunakan matrik admitansi bus (Ybus).
Metode Newton Raphson adalah metode approksimasi beruntun yang didasarkan pada pendekatan linier untuk memecahkan persamaan f(x) = 0 dengan f diasumsikan mempunyai turunan f’ yang kontinu. Metode Newton Raphson ini merupakan salah satu metode perhitungan aliran daya listrik dengan menggunakan banyak operasi perhitungan sehingga jarang digunakan untuk perhitungan–perhitungan secara manual.
Sebelum menuju kelangkah-langkah pengoptimalan harus dicari dulu matrik admitansi bus (matrikYbus). Matrik Ybus ini merupakan gabungan dari admitansi bersama/ elemen off diagonal dan admitansi sendiri/elemen diagonal.
Adapun langkah-langkah untuk pengoptimalan aliran daya listrik dengan metode Newton Raphson adalah:
1. Menentukan nilai daya nyata (PP,calc) dan daya rektif (Qp, calc) yang mengalir kedalam system pada setiap bus untuk nilai-nilai yang ditentukan/diperkirakan dari besar dan sudut tegangan untuk iterasi pertama atau tegangan-tegangan yang ditentukan paling akhir untuk iterasi-iterasi berikutnya.
2. Menghitung ∆P dan ∆Q pada setiap bus
∆Ppk = Pp, (scedule) - Ppk
∆Qpk = Qp, (scedule) - Qpk
3. Menghitung nilai-nilai matrik Jacobian dengan menggunakan nilai-nilai perkiraan atau yang ditentukan dari besar sudut tegangan.
4. Meinverskan matrik Jacobian pada langkah ke-3 dan menghitung koreksi tegangan pada setiap bus.
5. Mengulangi langkah pertama dengan menggunakan nilai-nilai untuk besar tegangan yang ditentukan paling akhir sehingga semua ∆P dan ∆Q atau semua ∆e dan ∆f lebih kecil atau sama dari suatu indek ketetapan yang telah ditentukan sebelumnya.

 

Keyword : metode newton-raphson, matrik ybus, aliran daya listrik

Related Links :  http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/20/jiptummpp-gdl-s1-2004-nurulmutta-969-pendahul-n.PDF


Keywords


metode newton-raphson; matrik ybus; aliran daya listrik; UMM