PEMBELAJARAN BILANGAN PADA ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB-C SUMBER DHARMA MALANG

Ama Rhohma Diyana

Abstract


Anak-anak penyandang retardasi mental memiliki kecerdasan yang lambat sehingga sukar mengikuti pendidikan yang biasa diberikan kepada anak normal. Untuk mencapai prestasi yang sebaik-baiknya, yang sesuai dengan kapasitasnya, mereka membutuhkan pendidikan melalui sekolah luar biasa.
Penelitian ini bersifat deskriptif yang merupakan penelitian yang bertujuan untuk mencari gambaran tentang keadaan yang nyata tentang peserta didik, pengajar, metode pengajaran bilangan, media pembelajaran dan evaluasi yang ada di SLB-C Sumber Dharma Malang. Untuk memperoleh data yang diharapkan maka pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.Alat yang digunakan untuk menganalisis dan mengolah data yang didapat adalah analisis deskriptif kualitatif yang disajikan dalam bentuk paparan bahasa.
Setelah data dianalisis maka diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran pada anak-anak retardasi mental mengalami hambatan yaitu rencana pengajaran yang telah dibuat oleh pengajar tidak sesuai dengan pelaksanaannya; daya fikir, daya tangkap dan daya ingat siswa yang terbatas membuat pengajar mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran bilangan dan media pembelajaran yang sudah disediakan tidak dimanfaatkan sepenuhnya; serta evaluasi dalam pembelajaran kurang.Untuk menghadapi masalah yang ada, pengajar harus lebih memperhatikan beberapa hal yang penting yaitu pesiapan mengajar, metode pengajaran, media pembelajaran dan evaluasi. Kepala sekolah juga harus aktif dalam meningkatkan dan menumbuhkan semangat pengajar, mengingat dalam mengajar anak-anak retardasi mental membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Begitu pula bantuan dari pemerintah sangat diharapkan untuk kelancaran proses pembelajaran bagi anak-anak retardasi mental ini seperti peningkatan kesejahteraannya, penyediaan buku-buku petunjuk untuk pengajar dan buku pegangan, khusus bagi anak-anak retardasi mental.

 

Keyword : retardasi mental,pembelajaran bilangan.

Related Links :  http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/2/jiptummpp-gdl-s1-2004-amarhohmad-97-1.PENDAH-N.PDF


Keywords


retardasi mental; pembelajaran bilangan; UMM