STUDI KOMPARASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN OPEN-ENDED DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Rohmatul Wasi’ah

Abstract


Pendekatan pembelajaran merupakan salah satu faktor yang penting dalam meningkatkan suatu hasil belajar matematika, sehingga diperlukan adanya pendekatan-pendekatan yang baru dalam pelaksanaannya. Untuk melaksanakan pembelajaran matematika tersebut, guru hendaknya berupaya agar siswa dapat memahami ide-ide atau konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hirarkis yang terkandung di dalarn matematika itu sendiri.
Pembelajaran matematika secara konvensional atau sering dikenal dengan Pengajaran langsung merupakan bentuk pengajaran yang paling banyak dikaji dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran matematika di sekolah. Sementara pembelajaran open-ended jarang sekali digunakan, padahal menurut pendapat Heddens dan Speer (1995:30) Pendekatan open-ended adalah salah suatu pendekatan pembelajaran yang memberi keleluasaan berpikir siswa secara aktif dan kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan.
Dari keterangan permasalahan tersebut di atas dapat dirumuskan bahwa Pendekatan pembelajaran open-ended lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional. Adapun tujuannya adalah ingin mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran open-ended bila dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional
Penelitian dilaksanakan di SLTPN Xl Malang dengan jumlah sampel 82 orang siswa, terdiri dua kelas yaitu kelas II.B dan kelas II..C, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random. Sebelum perlakuan kedua kelompok kelas diuji homogenitas untuk mengetahui kemampuan awal kedua kelompok. Berdasarkan hasil perhitungan kedua kelompok tersebut homogen.
Dari hasil penelitian diperoleh prestasi belajar dengan menggunakan pembelajaran pendekatan open-ended rata-ratanya = 67,45, dan standar deviasinya = 10,23 sedangkan hasil penelitian dengan menggunakan pembelajaran konvensional rata-ratanya = 54,29, dan standar deviasinya = 12,14.
Selanjutnya dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi = 0,05 maka diperoleh t.hitung sebesar 5,374 dengan = 0,05 sedangkan t tabel sebesar 1,99. Jelas harga t.hitung t.tabel. Hasil ini memberikan keterangan bahwa pembelajaran dengan pendekatan open-ended lebih efektif dibandingkan dengan pendekatan pembelajaran konvensional,
Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran open-ended lebih efektif bila dibandingakan dengan pendekatan pembelajaran konvensional di SLTPN XI Malang pada pokok bahasan perbandingan.
Kemampuan rata-rata siswa yang digunakan pendekatan pembelajaran dengan open-ended cenderung lebih merata, hal ini dapat dilihat dan standar deviasinya.

 

Keyword : komparasi hasil belajar,open-ended,konvensional

Related Links :  http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/2/jiptummpp-gdl-s1-2004-rohmatulwa-98-Pendahul-n.PDF


Keywords


komparasi hasil belajar; open-ended; konvensional; UMM