KAJIAN TENTANG PERSAMAAN GELOMBANG

Ulit Damayanti

Abstract


Matematika sering digunakan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan pada bidang-bidang atau ilmu yang lain. Di antaranya dalam bidang ekonomi, teknik, ilmu fisika, ilmu biologi dan lainnya. Dalam ilmu fisika dipelajari tentang persamaan gelombang.
Gelombang dilihat dari dimensinya dibedakan menjadi gelombang dimensi satu, gelombang dimensi dua, dan gelombang dimensi tiga. Bentuk umum dari persamaan gelombang dimensi satu adalah . Sedang persamaan gelombang dimensi dua mempunyai bentuk umum . Dan bentuk umum dari persamaan gelombang dimensi tiga adalah . Bentuk umum dari persamaan gelombang adalah persamaan differensial parsial.
Masalah yang kemudian muncul pada persamaan gelombang adalah bagaimana menyelesaikan persamaan gelombangnya, sehingga dari solusi tersebut dapat diketahui vibrasi atau getarannya. Ada berbagai metode yang dapat digunakan untuk menentukan solusinya.
Metode D’Alembert adalah salah satu cara untuk menyelesaikan persamaan gelombang. Langkah-langkah untuk menyelesaikan persamaan gelombang adalah sebagai berikut:
1. Mengganti variabel bebas yang lama dengan variabel bebas yang baru.
2. Memecahkan persamaan baru dengan mengintegrasikan variabel barunya.
3. Menentukan solusinya.
Pembahasan ini hanya terbatas pada persamaan gelombang dimensi satu dan persamaan gelombang dimensi dua dengan menggunakan metode D’Alembert.

 

Keyword : persamaan gelombang,metode d’alembert.

Related Links :  http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/2/jiptummpp-gdl-s1-2004-ulitdamaya-99-pendahul-n.PDF


Keywords


persamaan gelombang; metode d’alembert; UMM