Department of Management, 2007

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE INSTAN MERK INDOMIE (Studi Pada Konsumen Di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang)

PIPIN HARIANTO

Abstract


Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey, dimana peneliti melakukan observasi dalam pengumpulan data, peneliti hanya mencatat data seperti apa adanya, menganalisis dan menafsirkan data dengan mengambil lokasi penelitian di di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, dengan judul ?Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan (Studi Pada Konsumen di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang).
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara variabel bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, promosi dan saluran distribusi terhadap keputusan pembelian mie instan dan untuk mengetahui variabel yang secara individual atau parsial mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian mie instan. Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan yaitu diharapkan dapat sebagai informasi tambahan dalam rangka peningkatan jumlah penjualan berdasarkan analisis perilaku para konsumen. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi logistik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan menggunakan analisis regresi logistik yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel bauran pemasaran yang meliputi variabel produk, harga, promosi dan saluran distribusi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian mie instan. Dari variabel bauran pemasaran tersebut ternyata variabel promosi mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian mie instan.
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah dilakukan, maka diajukan beberapa saran yaitu diharapkan perusahaan untuk lebih meningkatkan kegiatan promosi yang telah dilakukan selama ini baik mengenai intensitas atau media promosi yang digunakan, karena promosi merupakan variabel yang berpengaruh dominan. Langkah nyata yang dapat dilakukan perusahaan yaitu selain menggunakan media promosi yang ada sekarang ini (periklanan, publisitas dan promosi penjualan) diharapkan perusahaan juga menggunakan media promosi langsung kepada konsumen pada pusat-pusat perbelanjaan sehingga pesan yang disampaikan dapat secara tepat diterima oleh konsumen. Hendaknya pihak perusahaan mempertahankan kebijakan bauran pemasaran yang telah dilakukan, yaitu melalui pengenalan merek, perbaikan kualitas kemasan, kualitas produk, penetapan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, pemberian bonus, meningkatkan kegiatan periklanan, kegiatan publisitas, kegiatan promosi penjualan, memperbanyak jumlah agen/ penyalur, menjaga ketersediaan produk di pasar dan menggunakan toko atau minimarket yang mudah dijangkau.

 

Keyword : Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/229/jiptummpp-gdl-s1-2007-pipinharia-11408-PENDAHUL-..pdf



Abstract: PDF , PS , DOC