ANALISA PENINGKATAN KUALITAS PRODUK GALLON PC BLUISH DENGAN PENDEKATAN METODE SIX SIGMA (Study Kasus : PT BERLINA TbkPANDAAN)

FAHRUR ROZI

Abstract


Kualitas merupakan suatu jaminan yang harus diberikan dan dipenuhi oleh perusahaan kepada konsumen. Perusahaan harus memperhatikan pengendalian kualitas pada proses dan produk jadi untuk menemukan terjadinya ketidakstabilan proses dan cacat produk sehingga dapat diambil tindakan untuk mengurangi cacat, memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.
Permasalahan yang terjadi di PT. Berlina Tbk-Pandaan ini adalah tingginya tingkat Defect produk gallon meskipun perusahaan sudah menerapkan pengendalian yang terkendali. . Dari hasil pengamatan, pada proses produksinya ditemukan adanya ketidakstabilan proses mengakibatkan terjadinya cacat pada produk jadi (gallon) berupa Dinding botol berlubang, Botol berbau, Mulut cacat, Berat botol tidak standart, Gelembung udara dan Bottom cembung.
Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi ketidakstabilan proses, cacat Gallon, faktor-faktor penyebabnya, mengukur kemampuan proses (kapabilitas) dan memberikan usulan untuk memperbaiki kualitas produk dengan menggunakan metode Six Sigma DMAIC, yaitu suatu metode yang berfokus pada cacat, menstabilkan kemampuan proses, mendefinisikan, pengukur, menganalisa, memperbaiki dan mengendalikan proses.
Hasil penelitian menunjukkan dalam proses produksi Gallon Aqua tingkat Kapabilitas proses selama bulan Januari 2007 sampai dengan Juli 2007 sebesar 18,578 DPMO atau 3,587 sigma. Sedangkan Proses yang mempunyai kecacatan (defect) terbesar adalah Dinding botol berlubang dengan nilai RPN tertinggi yaitu 392. Artinya masih banyak terdapat kecacatan dalam produk, untuk itu perlu diadakan perbaikan proses sehingga didapati peningkatan kualitas dalam level sigmanya.

 

Keyword : Kualitas, Defect, Six Sigma DMAIC, DPMO, Kapabilitas

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/342/jiptummpp-gdl-s1-2009-fahrurrozi-17087-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Kualitas; Defect; Six Sigma DMAIC; DPMO; Kapabilitas; UMM