PERENCANAAN DISTRIBUSI LPG DENGAN PERIODIC VEHICLE ROUTING PROBLEM GUNA MINIMASI BIAYA DISTRIBUSI (Study Kasus : PT.Gading Mas Indah Malang)

NYI MAS MIRNAYANTI JAYASARI SUTADISASTRA

Abstract


PT. Gading Mas Indah Malang merupakan distributor LPG di kawasan kota dan kabupaten Malang dimana terdapat masalah penanganan distribusi yang tidak efisien dalam proses pengiriman ke agen yang kurang memperhatikan permintaan, belum adanya jadwal kunjungan dan perencanaan rute yang tepat sehingga mengakibatkan biaya distribusi tinggi. Periodic Vehicle Routing Problem (PVRP) merupakan teknik perencanaan rute dari depot ke konsumen dalam m-day period. Sehingga dalam penelitian ini menggunakan PVRP yang bertujuan untuk mendapatkan frekuensi kunjungan dan rute yang optimal sehingga dapat meminimasi biaya distribusi.
Sebelum menerapkan model PVRP, terlebih dahulu dilakukan clustering terhadap agen PT. Gading Mas Indah Malang dengan pendekatan k-means, melakukan perhitungan kuantitas pengiriman dengan mengadopsi model Economic Lot Size untuk setiap frekuensi kunjungan yang terdiri dari fi = 1, fi = 2, fi = 3, dan fi = 6 membuat model matematis PVRP yang disesuaikan dengan kondisi dan tujuan perusahaan, selanjutnya mencari solusi dengan bantuan software LINGO 8.0untuk setiap cluster per frekuensi kunjungan untuk mendapatkan rute yang memberikan biaya terkecil.
Dari penerapan PVRP diperoleh frekuensi kunjungan optimal adalah 1 kali kunjungan dan penghematan biaya distribusi sebesar Rp 733.500,-/minggu atau prosentase penghematannya sebesar 40.82% dan terjadi penurunan total jarak tempuh ke agen sebesar 783.3 km/minggu.

 

Keyword : Perencanaan distribusi, PVRP, Biaya Distribusi

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/342/jiptummpp-gdl-s1-2009-nyimasmirn-17089-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Perencanaan distribusi; PVRP; Biaya Distribusi; UMM