PERENCANAAN STRATEGI UNTUK PERSIAPAN PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU (ISO 9001:2000) (Study Kasus PT Jati Mas Indonesia Singosari-Malang)

DESY MAYASARI

Abstract


PT. Jati Mas Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri furniture. Perusahaan menghadapi banyak tantangan persaingan dan lingkungan yang kompetitif, untuk menghadapi tantangan tersebut penggunaan strategi yang tepat menjadi sangat penting. Disamping itu untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dan untuk memenuhi kepuasan pelanggan dalam hal peningkatan mutu produk, perusahaan berusaha melakukan perencanaan untuk mendapatkan sertifikat ISO 9001:2000. Dengan adanya penerapan ISO 9001:2000 perusahaan ini mengharapkan akan mampu meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan perencanaan strategi pada perusahaan untuk persiapan penerapan ISO 9001:2000. Metode yang digunakan adalah dengan Analisis SWOT langkah pertama yang dilakukan yaitu mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan dilanjutkan dengan pemetaan awal pada perusahaan yang bertujuan untuk mengetahui kondisi aktual perusahaan dengan standar ISO 9001:2000, kemudian dibuat kuesioner berdasarkan konsep SWOT yaitu faktor internal kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman yang dipadukan dengan persyaratan ISO 9001:2000. Dari hasil kuesioner akan diketahui bobot dan rating dari masing-masing faktor internal dan eksternal yang selanjutnya digunakan untuk mengembangkan strategi berdasarkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki untuk mengatasi ancaman eksternal dan memperoleh peluang yang ada dengan menggunakan matrik SWOT/TOWS dan matrik Internal-Eksternal.
Berdasarkan Matrik IFAS (Internal Strategic factors Analysis Summary) dapat diketahui bobot dan rating faktor internal, kekuatan dan kelemahan perusahaan yang ada pada saat ini diperoleh skor sebesar (2.65) dan dari Matrik EFAS (Eksternal Strategic factors Analysis Summary) diketahui bobot dan rating faktor eksternal yaitu peluang dan ancaman PT. Jati Mas Indonesia skornya sebesar (2.25) maka PT. Jati Mas Indonesia berada pada posisi SO (kekuatan-peluang). Pada posisi ini, PT. Jati Mas Indonesia memanfaatkan kekuatan yang ada pada perusahaan untuk menghadapi peluang.

 

Keyword : Analisis SWOT, Sistem Manajemen Mutu, ISO 9001:2000

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/342/jiptummpp-gdl-s1-2009-desymayasa-17090-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Analisis SWOT; Sistem Manajemen Mutu; ISO 9001:2000; UMM