OPTIMASI PENJADWALAN DAN RUTE DALAM STRATEGI DISTRIBUSI PUPUK GUNA MENGHEMAT TOTAL BIAYA TRANSPORTASI (Studi Kasus pada PT. Himikarta Malang)

ERNI WIJAYANTI

Abstract


PT Himikarta merupakan perusahaan distribusi pupuk didaerah Malang. Selama ini dalam proses pendistribusian perusahaan kurang memperhatikan jadwal dan rute, dari segi jadwal sering terjadi keterlambatan pengiriman karena waktu perjalanan dan pelayanan yang cukup lama, sedangkan dari sisi rute pembagian rute untuk masing ? masing kendaraan juga tidak memperhatikan jarak antar kios sehingga jarak yang ditempuh menjadi jauh dan total durasi waktu satu kali perjalanan cukup lama yang berdampak pada tingginya biaya transportasi.Hal ini, yang menyebabkan terjadinya keterlambatan pengiriman dan peningkatan biaya transportasi. Tujuan utama dari penelitian ini adalah mengurangi keterlambatan dalam pendistribusian pupuk. Integrasi permasalahan penjadwalan dan rute inilah yang akhirnya dikategorikan dalam konsep Periodic Vehicle Routing Problem (PVRP).
Penerapan PVRP dilakukan dengan menentukan kuantitas pengiriman, waktu pengiriman, waktu pelayanan dan biaya transportasi dari gudang ke kios dan antar kios selanjutnya dimasukkan ke dalam model matematis dan pencarian solusi menggunkan software LINGO.
Hasil pencarian solusi menghasilkan jadwal, rute dan total biaya. Jadwal kunjungan setelah menggunkan metode PVRP, untuk Malang kota dan Pakisaji jadwal kunjungan dilakukan 2 kali dalam seminggu pada kombinasi hari senin, kamis dan selasa,jumat, untuk Pujon kunjungan dilakukan 3 kali dalam seminggu pada kombinasi senin, rabu, jumat dan selasa, kamis, sabtu. Sedangkan untuk Batu, Bumiaji, dan Junrejo jadwal pengiriman dilakukan tiap hari. Pengurangan waktu keterlambatan sebesar 21.85 jam/ minggu untuk semua kendaraan yang ada, sedangkan penghematan total biaya transportasi sebesar 10.05 %.

 

Keyword : Optimasi, Periodic Vehicle Routing Problem, Biaya Transportasi

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/342/jiptummpp-gdl-s1-2009-erniwijaya-17091-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Optimasi; Periodic Vehicle Routing Problem; Biaya Transportasi; UMM