PENERAPAN METODE SIX SIGMA UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PRODUK PAKAIAN JADI (Study Kasus di UD Hardi, Ternate)

Ahmad M. Iqbal

Abstract


Kualitas merupakan jaminan yang harus diberikan dan dipenuhi oleh perusahaan untuk para konsumen termasuk kualitas dari suatu produk. Oleh karena itu diperlukan perbaikan dan peningkatan kualitas secara terus menerus dari perusahaan sesuai kebutuhan konsumen.

Permasalahan yang terjadi di UD. Hardi ini adalah tingginya tingkat kecacatan (Defect) produk pakaian jadi meskipun perusahaan sudah menerapkan pengendalian yang terkendali. Dari hasil pengamatan, pada proses produksinya ditemukan adanya ketidakstabilan proses mengakitbatkan terjadinya cacat pada produk jadi (kaos oblong) berupa Cacat Deck, Cacat Obrasan, Cacat Kotor, Cacat Neci dan Cacat Lubang.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengidentifikasikan cacat (defect) yang terdapat pada produk pakaian jadi, factor- factor penyebabnya, mengukur kemampuan proses (kapabilitas) dan memberikan usulan untuk memperbaiki kualitas produk dengan menggunakan metode Six Sigma DMAIC, yaitu suatu metode yang berfokus pada cacat, menstabilkan kemampuan proses, mendefenisikan, pengukur, menganalisa, memperbaiki dan mengendalikan proses.

Hasil penelitian menunjukan dalam proses produksi kaos oblong tingkat Kapabilitas Six Sigma kecacatan proses selama bulan Mei 2008 sampai dengan Agustus cacat deck (35,60%), cacat obrasan (24,77%), cacat kotor (17,34%), cacat neci (12,69%) dan cacat lubang (9,59%) dengan kapabilitas perusahaan mencapai level 4,0130 sigma. Sedangkan proses yang mempunyai kecacatan (defect) terbesar adalah Cacat Deck dengan nilai RPN tertinggi yaitu 192. Artinya masih banyak terdapat kecacatan dalam produk, untuk itu perlu diadakan perbaikan proses sehingga didapati peningkatan kualitas dalam level sigmanya.

 

Keyword : Kualitas, Defect, Six Sigma DMAIC, Kapabilitas

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/346/jiptummpp-gdl-s1-2009-ahmadmiqba-17290-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Kualitas; Defect; Six Sigma DMAIC; Kapabilitas; UMM