MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN YANG TEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE AHP ( Study kasus di UD. HASIL 70 GRESIK)

M. Thoriq Amrullah

Abstract


UD. Hasil 70 Gresik merupakan industri kecil yang bergerak dibidang pembibitan ikan bandeng. Mengingat kebutuhan para petani tambak akn bibit ikan Bandeng dan semakin meningkatnya persaingan antara pelaku bisnis yang bergerak dibidang yang sama khususnya di daerah Gresik maka UD. Hasil 70 dituntut untuk dapat merancang sebuah strategi pemasaran yang tepat diteapkan sesuai dengan kondisi dan situasi UD. Hasil 70 saat ini. Penentuan strategi pemasaran yang tepat bertujuan di samping untuk meningkatkan jumlah pelanggan juga untuk bersaing dengan para pesaing yang ada. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana menentukan alternatif-alternatif dari strategi pemasaran diantaranya Strategi Pasar Tunggal, Strategi Pasar Lokal, Strategi Market Nicher dan Average-Commitment Strategi.
Setelah menentukan berbagai macam strategi pemasaran yang diterapkan di UD Hasil 70 maka adalm penelitian ini menggunakan metode AHP (Analitycal Hierarchy Process) untuk memilih berbagai alternatif strategi pemasaran yang akan diterapkan di UD. Hasil 70 Gresik. Alasan dipilihnya metode AHP karena metode ini akan membantu memecahkan masalah yang komplek dengan menstruktur suatu hierarki kriteria sebagai prioritas.
Dari perhitungan yang didapat menggunakan metode AHP maka didapat bobot prioritas alternatif rencana strategi pemasaran yang akan diterapkan yaitu strategi pasar tunggal, strategi pasar lokal, strategi Market Nicher dan Average-Commitment Strategy. Dari keempat alternatif strategi pemasaran tersebut, maka diambil 3 terbaik yaitu: Strategi Pasar Lokal, dengan bobot 0.451, Strategi Market Nicher, dengan bobot 0.281, Strategi Pasar Tunggal, dengan bobot 0.174.

 

Keyword : Strategi Pemasaran, Analitycal Hierarchy Process

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/346/jiptummpp-gdl-s1-2009-mthoriqamr-17292-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Strategi Pemasaran; Analitycal Hierarchy Process; UMM