PERANCANGAN SISTEM PEMBERIAN INSENTIF GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Di UD. WIRANTO PASURUAN)

Agung Darmawan

Abstract


Permasalahan insentif terkadang masih sering diabaikan oleh perusahaan, meskipun pada kenyataanya masalah insentif merupakan salah satu cara utama meningkatkan dan menjaga motivasi pekerja dalam kaitannya dengan upaya meningkatkan produktivitas kerjanya. UD.?WIRANTO? sebuah perusahaan yang menghasilkan beraneka ragam furnitur didalam bangunan. Permasalahan yang dihadapi UD.?WIRANTO? adalah bagaimana agar produktivitas kerja karyawan dapat meningkat.
Dalam upaya menyelesaikan permasalahan tersebut maka di usulkan rancangan insentif kerja menggunakan metode The Rowan Plan. Hal ini didasarkan pada tingkat efisiensi yang dihasilkannya (x) yaitu 1,175 < 1,8 dan kriteria pada metode The Rowan Plan adalah tingkat efisiensi (x) < 1,8.
Berdasarkan hasil analisa dengan memasukkan rumus untuk mencari bonus menurut The Rowan Plan maka diperoleh 0,15 atau 15%. Karena pada kasus ini yang lebih ditekankan adalah pemberian insentif karyawan. Dengan rancangan ini, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi tambahan kepada perusahaan atau mungkin dapat membantu perusahaan untuk menentukan standar waktu pada bagian yang lainnya. Terutama untuk menentukan pemberian insentif pada pekerja, sebagaimana yang kita tahu insentif ini akan memotivasi pekerja untuk bekerja jauh lebih bersemangat yang pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi kerja dan produktivitas pekerja, dan konsekuensinya akan meningkatkan produktivitas dari perusahaan UD. WIRANTO Pasuruan.

 

Keyword : Perancangan, Insentif, The Rowan Plan

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/346/jiptummpp-gdl-s1-2009-agungdarma-17294-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Perancangan; Insentif; The Rowan Plan; UMM