PERENCANAAN PENGENDALIAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) (Studi kasus di PT. Hanil Jaya Metal Works Sidoarjo)

HENDRA DEDDY WARDHANA

Abstract


Dalam era perkembangan iklim pasar global yang semakin kompetitif dan penuh tantangan dewasa ini, setiap perusahaan harus berusaha memanfaatkan seoptimal mungkin peluang bisnis yang ada., Untuk memenuhi permintaan tepat pada waktunya membutuhkan perencanaan tepat mengenai perkiraan bahan yang diperlukan untuk pembuatan produk dan kapan material itu harus di pesan agar tidak terjadi keterlambatan.
Permasalahan yang terjadi P.T. Hanil Jaya Metal Works ini adalah. Requirement (permintaan) bahan baku yang tidak tepat yang mengakibatkan pemborosan biaya Dari hasil pengamatan, pada proses dan pesanan untuk produk bangunan ini jumlahnya sangat berfluktuasi pada setiap periode waktu, sehingga setiap saat perusahaan harus mampu membuat perencanaan bahan baku produk baja tulangan ini sesuai dengan ukuran dan jumlah yang sesuai permintaan serta mengirimkannya sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Tujuan penelitian untuk Memperoleh perencanaan persediaan bahan baku dan Memperoleh penghematan biaya dengan metode MRP (materil requirement planning) agar tidak terjadi penumpukan bahan baku digudang dan dapat terpenuhinya jumlah permintaan sesuai dengan yang dipesan oleh konsumen sesuai pada waktunya.
Hasil penelitian menunjukkan perencanaan bahan baku selama Agustus sampai dengan Oktober yang terencana dengan pendekatan exponential smoothing dan menunjukkkan penghematan biaya simpan dan biaya per lot mengunakan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Lot For Lot. Artinya, masih banyak yang harus dilakukan pada perencanaaan bahan baku sehingga didapatkan perencanaan yang tepat dan penghematan biaya.

 

Keyword : perencanaan, Requirement, MRP, EOQ, Lot For Lot

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/347/jiptummpp-gdl-s1-2009-hendradedd-17341-PENDAHUL-1.pdf


Keywords


perencanaan; Requirement; MRP; EOQ; Lot For Lot; UMM