PERENCANAAN STRATEGI DAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA MENGGUNAKAN ANALISA SWOT DAN BALANCED SCORECARD (Studi Kasus di KUD. DAU Malang)

Fenda Mariza

Abstract


Saat kondisi perindustrian di Indonesia dihadapkan pada persaingan global dan ketidakpastian akan perkembangan industri, pelanggan menjadi lebih selektif dalam memilih produk yang berkualitas. KUD. DAU saat ini belum memiliki strategi dan sistem pengukuran kinerja yang baik untuk dapat mencapai visi dan misi yang ada. Sehingga diperlukan metode yang tepat dalam penyelesaian masalah tersebut.
Dalam penyelesaian permasalahan tersebut menggunakan metode analisa SWOT dan Balanced Scorecard karena kedua metode tersebut dapat menentukan strategi yang baik dan pengukuran kinerja yang terstruktur. Dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal perusahaan dan dibantu oleh matrik EFAS, IFAS, dan Matrik Internal-Eksternal diperoleh strategi perusahaan. Dari hasil strategi tersebut dilakukan perancangan sistem pengukuran kinerja yang berupa tujuan strategis dan Key Performance Indicator (KPI) yang mengacu kepada empat perspektif, strategi map, dan pembobotan dengan menggunakan Analytical Hierrarchy Process (AHP) dan Expert Choice.
Sehingga diperoleh hasil yaitu strategi yang baik bagi KUD. DAU seperti penetrasi pasar dan pengembangan pasar. Dan pengukuran kinerja untuk tahun 2007 dengan menggunakan scoring system yaitu OMAX dan Traffic Light System (TLS), diperoleh 8 KPI dengan indikator berwarna hijau, 16 KPI dengan indikator berwarna kuning, dan 2 KPI dengan indikator berwarna merah.

 

Keyword : SWOT, Analytical Hierrarchy Process, Sistem Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Key Performance Indicator, OMAX

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/347/jiptummpp-gdl-s1-2009-fendamariz-17343-1.+PENDA-N.pdf


Keywords


SWOT; Analytical Hierrarchy Process; Sistem Pengukuran Kinerja; Balanced Scorecard; Key Performance Indicator; OMAX; UMM