PERENCANAAN PENGEMBANGAN FASILITAS PENDUKUNG PADA RUMAH SAKIT DENGAN MULTI - ATTIBUT DECISION MAKING DAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS

Farey Dyansyah

Abstract


Salah satu pembangunan yang sangat penting adalah pembangunan kesehatan baik yang di laksanakan pemerintah maupun masyarakat. Rumah sakit adalah salah satu pembangunan kesehatan nasional dan merupakan suatu organisasi yang berhubungan langsung dengan masyarakat
Sebenarnya banyak hal yang harus di lakukan dalam meningkatkan mutu pelayanan pada rumah sakit umum yaitu kurangnya fasilitas yang memadai sehingga banyak masyarakat yang memilih berobat di rumah sakit lain. Salah satunya rumah sakit ? rumah sakit yang mulai berkambang, adapun salah satu cara peningkatan fasilitas yang dapat di lakukan adalah dengan maemberikan atau memperhatikan kenyamanan para pengunjung atau keluarga pasien yang menjenguk ke rumah sakit. Karena itu rumah sakit harus bisa memeanuhi keinginan dari pengguna jasa rawat inap, yang di utamakan adalah fasilitas pendukung rumah sakit, Salah satu permasalahan yang biasanya dihadapi rumah sakit adalah bagaimana menentukan fas ilitas - fasilitas pendukung antara lain Ruang tunggu, tempat ibadah, kantin, Ruang VIP II dan pengembangan area parker. Oleh karena itu, rumah sakit harus bisa memenuhi keinginan dari pengunjung yang di utamakan adalah fasilitas - fasilitas yang bersifat non medis dan masih perlu di tingkatkannya fasilitas pendukung pada rumah sakit tersebut.
Berdasarkan pada pengumpulan dan pengolahan data, didapatkan bobot prioritas penembangan fasilitas rumah sakit yaitu pengmbangan jalan masuk Rumah sakit dengan bobot sebesar 0.409, pengembangan Tempat parkir dengan bobot sebesar 0.347, Pengembangan Ruang tunggu dengan bobot sebesar 0.191, Pengembangan Kantin dengan bobot sebesar 0.094.
Dari hasil yang di peroleh kiranya pihak rumah sakit segera melakukan pengembangan fasilitas yang diperlukan pengunjung rumah sakit, karena untuk kenyamana para pengunjung rumah sakit dan imet yang baik untuk rumah sakit.

 

Keyword : AHP

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/335/jiptummpp-gdl-s1-2009-fareydyans-16710-Pendahul-n.pdf


Keywords


AHP; UMM