PERENCANAAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK KERIPIK KENTANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY DAN QFD (QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT) (Study Kasus di UD.Triaji Batu)

WIWIK ULFIYAH RAHAYU

Abstract


Keripik kentang adalah salah satu makanan khas Malang yang cukup bayak diminati oleh konsumen, salah satu perusahaan yang memproduksi keripik kentang adalah UD.Triaji yang terletak di desa Bumiaji, Batu. Pemasaran yang dilakukan adalah selain diwilayah Malang, perusahaan ini juga memasarkan produknya keluar Malang bahkan keluar Jawa. Tetapi dikarenakan banyak sekali bermunculan perusahaan-perusahaan baru sejenis, maka UD.Triaji memerlukan terobosan baru untuk meningkatkan kualitas keripik kentang dengan tujuan meningkatkan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Quality Function Deployment (QFD) adalah salah satu metode terstruktur untuk memenuhi keinginan pelanggan dan menerjemahkan keinginan itu kedalam keinginan teknis yang relevan. Tujuan QFD (Quality Function Deployment) tidak hanya memenuhi sebanyak mungkin harapan pelanggan tetapi sebagai cara berkompetisi dengan pesaingnya. Dalam hal ini menggunakan metode Fuzzy untuk pendekatan yang lebih rasional dalam mempresentasikan bahasa penilaian yang tidak presisi agar diperoleh suatu penilaian yang lebih pasti dan presisi.
Dari pengolahan data yang telah dilakukan, didapatkan beberapa atribut yang diinginkan oleh konsumen yang perlu dikembangkan, antara lain : bahan kentang murni, rasa lebih gurih, rasa lebih bervariatif, tekstur padat dan halus, pencantuman batas kadaluarsa, dan ketebalan proporsional ? 2-3mm. Dan respon teknis yang diprioritaskan oleh perusahaan untuk memenuhi keinginan konsumen adalah kentang dengan kualitas baik (tidak busuk, ukuran tidak terlalu besar dan kecil), kentang dijemur dengan memanfaatkan sinar matahari, direndam dengan air kapur selama 2 jam, penambahan variasi rasa pada keripik kentang, ketebalan pada saat pemotongan proporsional, tanpa bahan pengawet, digoreng dengan minyak panas 2000C, mencantumkan batas kadaluarsa pada kemasan, memperluas daerah pemasaran, menentukan keuntungan yang tidak terlalu banyak.

 

Keyword : Quality Function Deployment, Fuzzy

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/335/jiptummpp-gdl-s1-2009-wiwikulfiy-16714-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Quality Function Deployment; Fuzzy; UMM