Integrasi Analytic network process (ANP) dan metode performance prism dalam PERANCANGAN SISTEM Pengukuran kinerja (Study Kasus Pada CV. Sumber Agung Wasis, Malang)

DENNY SETYA RACHMAN

Abstract


V. Sumber Agung Wasis Malang adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri logam. Selama ini, CV. Sumber Agung Wasis hanya melakukan pengukuran kinerja pada aspek financial Pada hal dalam melakukan pengukuran kinerja tidak hanya melihat pada satu aspek saja tetapi pada semua aspek atau stakeholder yang ada pada perusahaan.
Dalam penelitian ini akan dilakukan evaluasi dalam pengukuran kinerja pada CV.Sumber Agung Wasis. Perancangan pengukuran kinerja yang dilakukan yaitu dengan menggunakan metode Performance Prism dengan lima stakeholder dimana hal utama yang dilakukan yaitu penentuan stakeholder satisfaction dan stakeholder contribution, penentuan tujuan strategis (objectives), penentuan strategi perusahaan, penentuan proses dan kapabilitas proses, penentuan KPI, penentuan target, pembobotan objectives dan KPI dengan metode ANP, perhitungan skor KPI, perhitungan nilai masing-masing KPI, kemudian dilakukan perhitungan indeks kinerja perspektif, dan kemudian yang terakhir dilakukan pemberian warna pada hasil pencapaian kinerja dengan menggunakan metode Traffic Light System.
Berdasarkan dari hasil pengukuran kinerja perusahaan pada tahun 2008 dengan Traffic Light System dapat diketahui bahwa terdapat 10 KPI yang berwarna hijau untuk pencapaian level 8,1-10 berarti pencapaian Key Performance Indikator telah sesuai dengan target yang telah ditentukan, terdapat 14 KPI yang berwarna kuning untuk pencapaian 3,1- 8 berarti pihak manajemen harus lebih berhati-hati karena pencapaian Key Performance Indikator belum tercapai meskipun nilainya sudah mendekati target, terdapat 1 KPI yang berwarna merah untuk pencapaian 0 ? 3 yang berarti pencapaian KPI benar-benar jauh di bawah target dan perlu diadakan perbaikan.

 

Keyword : ANP, Performance Prism

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/337/jiptummpp-gdl-s1-2009-dennysetya-16807-Pendahul-n.pdf


Keywords


ANP; Performance Prism; UMM