PERENCANAAN PERAWATAN MESIN KANTONG PLASTIK HDPE D45 (DT_4515) GUNA MENURUNKAN BIAYA DOWN TIME DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN ( Studi Kasus Pada Hosana Plastic, Merjosari Kec. Lowokwaru, Malang )

Akhmad Ba'iv Akhyanuddin

Abstract


Hosana Plastik merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi kantong plastik. Perusahaan ini selalu mengusahakan hasil produksi yang maksimal. Agar mencapai tujuan tersebut kelancaran kegiatan proses produksi sangat diperlukan. Hal ini sangat dipengaruhi oleh kondisi mesin. Mesin Kantong Plastik HDPE D45 (DT_4515) merupakan mesin yang sangat vital peranannya di dalam kegiatan proses produksi di Hosana Plastik. Agar mesin ini dapat berfungsi dengan baik, maka perlu adanya sistem perawatan mesin produksi secara terencana dan teratur.
Permasalahan yang ada di perusahaan ini adalah perawatan mesin yang seringkali tidak teratur, menunggu sampai mesin mengalami kondisi Kerusakan Berat hingga tidak dapat beroperasi kembali sehingga menimbulkan biaya Down Time yang diakibatkan mesin tidak beroperasi atau rusak. Untuk mengatasi masalah tersebut diusulkan 8 perencanaan perawatan dengan menggunakan Metode Markov Chain, baik sistem perawatan yang preventif maupun korektif dengan menggunakan analisa biaya terendah.

 

Keyword : Markov Chain, Biaya Perawatan

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/341/jiptummpp-gdl-s1-2009-akhmadbaiv-17035-Pendahul-n.pdf


Keywords


Markov Chain; Biaya Perawatan; UMM