PERENCANAAN LINE BALANCING PADA PRODUK CELANA JEANS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RANK POSITION WEIGHT (RPW) DAN METODE COMSOAL (Study Kasus PT.Fallasindo Garment)

. ERWINNUDIN

Abstract


PT. Fallasindo Garment merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai macam jenis Celana Jeans. Permasalahan yang di hadapi perusahaan adalah tidak mampu memenuhi permintaan konsumen, sehingga diberlakukan jam lembur dan ini disebabkan karena lintasan produksi yang tidak seimbang.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan perbaikan lintasan produksi line balancing dengan pendekatan metode RPW dan COMSOAL dengan bantuan software QS sehingga diperoleh lini yang minimal. Perencanaan Line Balancing dengan menggunakan metode RPW dan COMSOAL ini bertujuan untuk mendapatkan Balance Delay seminimum mungkin dan memaksimumkakan Line Efisiensi.
Dalam perencanaan ulang lini produksi dengan metode RPW didapatkan jumlah stasiun kerja 5, efisiensi lintasan 96 %, balance delay 3.88%.Metode COMSOAL jumlah stasiun kerja 5, balance delay 3.88% dan efisiensi kerja 47.43%. Dari ke dua metode tersebut yang memiliki efisiensi kerja paling tinggi adalah Metode RPW dan yang dibuat perbandingan adalah Metode RPW.
Dari hasil perencanaan keseimbangan lintasan ini di peroleh peningkatan efisiensi sebesar 52.83% dan terjadi penurunan Balance Delay 52.95% serta peningkatan output sebesar 60.847 pasang/bulan. Jadi dengan perencanaan ulang lini produksi dengan Line Balancing Metode RPW, didapatkan peningkatan efisiensi sehingga proses produksi berjalan lancar dan permintaan konsumen dapat terpenuhi.

 

Keyword : Line Balancing, Efisiensi Lintasan, Balance Delay, RPW, COMSOAL

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/341/jiptummpp-gdl-s1-2009-erwinnudin-17036-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Line Balancing; Efisiensi Lintasan; Balance Delay; RPW; COMSOAL; UMM