ANALISA QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PRODUK (Studi Kasus : UD. WIRANTO, Pasuruan)

DWI YULI HARTANTO

Abstract


Industri mebel merupakan salah satu komoditi bagi pemerintah saat ini. Dengan banyaknya industri mebel yang bermunculan, memaksa UD. Wiranto untuk dapat bersaing dengan industri mebel lainnya. UD. Wiranto merupakan salah satu industri mebel yang ada di Pasuruan, Jawa Timur. Munculnya CV. Rahayu dan UD. Santoso sebagai pesaing, sangat berpengaruh bagi UD. Wiranto hingga mengalami penurunan ditingkat penjualan, terutama pada produk kursi makan. Tidak sedikit pula pelanggan setia UD. Wiranto yang memberikan komplain terhadap perusahaan.
Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui apa saja atribut-atribut yang diinginkan konsumen dan bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk kursi makan yang diberikan. Suatu metode perencanaan yang dapat digunakan untuk menerjemahkan kebutuhan pelanggan menjadi bentuk action plan bagi perusahaan adalah QFD. Langkah ini akan dimanfaatkan sebagai alat evaluasi dan perencanaan perbaikan kualitas produk.
Quality Function Deployment (QFD) adalah metodologi pengembangan yang cukup handal dengan rentang aplikasi yang luas. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui atribut ? atribut apa saja yang diinginkan konsumen serta mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas produk kursi makan, selain itu juga untuk mengetahui upaya apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk dari kursi makan. Hasil kajian menunjukkan bahwa atribut warna yang digunakan tidak hanya satu warna, tinggi kursi dan jenis kayu yang digunakan merupakan atribut yang paling diinginkan konsumen. Dan langkah yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk kursi makan UD. Wiranto adalah penggunaan bahan baku kayu jati dengan kualitas kombinasi no.2 dan no. 3, penambahan tenaga kerja pada proses ukir dan penggunaan metode solar kiln sebagai metode pengeringan kayu.

 

Keyword : Industri mebel, kursi makan, kualitas, QFD

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/341/jiptummpp-gdl-s1-2009-dwiyulihar-17037-Pendahul-n.pdf


Keywords


Industri mebel; kursi makan; kualitas; QFD; UMM