PERENCANAAN PENGENDALIAN PRODUK BOTOL CHAMOMILE DENGAN MENGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Study Kasus di PT Berlina Plastics Tbk. Pandaan Pasuruan)

WAHYU ADI KUSWARA

Abstract


PT berlina Plastics Tbk. Pandaan merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur yaitu memproduksi berbagai jenis botol plastik, salah satunya adalah botol chamomile. Untuk memproduksi produk dengan kualitas terbaik dan memberikan kepuasan kepada pelanggan, terdapat beberapa masalah yang dihadapi dalam proses produksi botol yaitu masih terdapat produk cacat (defect) dalam proses produksinya.
Dari kondisi tersebut diperlukan suatu metode untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan metode six sigma, digunakan untuk mengidentifikasi defect serta meningkatkan kualitas produk. Dalam penelitian tugas akhir ini digunakan metode six sigma. Metode Six Sigma yang diharapkan dapat meminimasi terjadinya defect di PT. Berlina dengan menciptakan suatu kinerja proses produksi yang lebih efektif, lebih ramping dengan performansi yang lebih baik serta tetap memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen
Berdasarkan data internal dan pengamatan yang dilakukan di perusahaan. Diperoleh data jenis cacat tertinggi untuk jenis botol chamomile 120 ml adalah jenis cacat mulut botol menutup / menggandol (42,18%), bottom nerawang (27,46 %) dan lengket (16,97 %). Berdasarkan hasil diagram fish bone dapat diketahui penyebab potensial dari variasi jenis cacat yang kemudian dituangkan dalam tabel FMEA dan didiskusikan dengan tim six sigma. Dari hasil diskusi tim six sigma dapat diidentifikasikan penyebab cacat yang akan ditindaklanjuti dengan penanggulangan penyebab cacat.
Dari ketiga cacat didapat nilai DPMO sebesar 7735 dan level sigma sebesar 3,9. Dengan melihat FMEA dan RPN maka alternatif perbaikan yang bisa dilakukan yaitu perusahaan sebaiknya membuat instruksi kerja, dari hasil penerapan instruksi kerja di proses produksi botol chamomile, diperoleh penghematan sebesar Rp. 4.323.800 selama 1 bulan.

 

Keyword : Six Sigma, DPMO, FMEA, Kualitas

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/341/jiptummpp-gdl-s1-2009-wahyuadiku-17038-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Six Sigma; DPMO; FMEA; Kualitas; UMM