PENJADWALAN WAKTU OPTIMAL PENGGANTIAN KOMPONEN ALAT RUBBER TYRED GANTRY DENGAN TEKNIK KEANDALAN (Studi kasus : PT. EMITRACO INVESTAMA MANDIRI)

AYYUP YUSUFIL HAMDALI

Abstract


PT. Emitraco Investama Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa bongkar muat dipelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Dalam upaya untuk memperlancar kegiatan pelayanan jasa bongkar muat, mutlak diperlukan manajemen dan kebijakan perawatan alat-alatnya dengan tepat dan baik. Salah satu kebijakan tersebut adalah penentuan saat yang optimal untuk melaksanakan tindakan penggantian komponen terhadap kerusakan mesin-mesinnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh interval waktu penggantian komponen alat yang optimal pada alat Rubber Tyred Gantry, dan untuk mengurangi total biaya penggantian komponen-komponennya. Untuk menentukan interval penggantian yang optimal dapat menggunakan metode penggantian pencegahan ( age replacement ). Langkah-langkahnya yaitu menentukan fungsi padat probabilitas, fungsi keandalan, laju kerusakan, MTTF, MTTR, menghitung biaya penggantian yang terencana (Cp), menghitung biaya tiap kali penggantian (Cf) dan menghitung total biaya C(tp) sehingga dapat menentukan penggantian komponen yang optimal dengan total biaya yang penggantian yang rendah dengan menggunakan software matchad.
Dari hasil pengolahan data diperoleh interval penggantian terhadap komponen Primary Filter yaitu 17 hari dengan tingkat keandalan mesin sebesar 0,905 sehingga memperoleh penghematan biaya sebesar Rp. 25.402.772,75 dengan C(tp) lama Rp. 34.648.222,75 dan C(tp) baru Rp. 9.245.450,- dan Cable Reel 28 hari dengan tingkat keandalan mesin sebesar 0,842 sehingga memperoleh penghematan biaya sebesar Rp. 38.406.149,58 dengan C(tp) lama Rp. 49.834.299,58 dan C(tp) baru Rp. 11.428.150,-.

 

Keyword : Komponen Kritis Alat, Model Usia Penggantian, Keandalan

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/342/jiptummpp-gdl-s1-2009-ayyupyusuf-17052-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Komponen Kritis Alat; Model Usia Penggantian; Keandalan; UMM