PERANCANGAN SISTIM INFORMASI DENGAN KONSEP VENDOR MANAGED INVENTORY (Study Kasus Pada PT. Mitra BInamandiri Makmur)

Sujarah Dian Kurniawan

Abstract


PT Mitra Binamandiri Makmur Pasuruan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang aluminium furniture yang memproduksi berbagai jenis furniture yang terbuat dari aluminium. PT Mitra Binamandiri Makmur saat ini sedang menghadapi beberapa masalah yakni waktu pengiriman bahan baku (box) yang dilakukan supplier lebih cepat dari pada proses produksi, sehingga terjadi penumpukan bahan baku (box) yang ada digudang, kemudian akibat dari penumpukan bahan baku box, perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan.
Permasalahan diatas disebabkan karena kurangnya informasi yang diperoleh supplier untuk memasok kebutuhan bahan baku (box) ke PT MBM sehingga supply bahan baku yang dilakukan supplier lebih cepat dari waktu produksi. Peneliti mencoba menyelesaikan permasalahan dengan melakukan perancangan sistem informasi dengan konsep VMI. Dengan sistem informasi ini, perusahaan bisa mengirimkan informasi mengenai waktu proses produksi, schedule produksi, stock kebutuhan bahan baku perusahaan. Dari informasi ini supplier akan bisa memperkirakan sendiri, kapan pengiriman bahan baku box ke perusahaan bisa dilakukan.
Berdasarkan data perusahaan, jumlah penumpukan bahan baku box yang ada digudang yakni sebesar 3624 box, sehingga perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan box perbulannya mencapai Rp 27.102.500. Dengan adanya informasi yang dikirimkan oleh pihak perusahaan, maka pengadaan bahan baku di PT. Mitra Binamandiri Makmur bisa terkendali dan perusahaan bisa melakukan penghematan sebesar Rp 26.147.500.

 

Keyword : Sistem Informasi , VMI, Supplier

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/342/jiptummpp-gdl-s1-2009-sujarahdia-17054-Pendahul-..pdf


Keywords


Sistem Informasi; VMI; Supplier; UMM