INTEGRASI METODE ANALYTICAL NETWORK PROCESS (ANP) DENGAN INTEGER LINEAR PROGRAMMING (ILP) DALAM PEMILIHAN SUPPLIER (Study Kasus Pada PT. Marie Singa Sari Malang)

Diah Riyani Rachmawati

Abstract


PT. Marie Singa Sari Malang adalah perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur yang memproduksi biscuit. Saat ini perusahaan telah memiliki empat Supplier tepung, yang mana tepung merupakan item kritis dalam pembuatan biskuit. Dalam hal ini perusahaan mengalami bebarapa masalah dalam pembelian ke supplier karena beberapa supplier seringkali mengirim pesanan tidak sesuai dengan jumlah yang dipesan dan juga terjadi keterlambatan pengiriman, sehingga sering terjadi stock out bahan baku di gudang yang mengakibatkan proses produksi menjadi terhambat.
Dalam penelitian ini akan dilakukan evaluasi dan pemilihan Supplier. Empat Supplier tersebut adalah PT. Eastern Pearl Flour Mills (A), PT. Indo Utama Indah (B), PT. Indofood Sukses Makmur .Tbk (C), dan PT. Sriboga Ratu Raya (D). Dalam perhitungan menggunakan metode ANP terdapat lima kluster yaitu kluster internal supplier, cost, performansi teknis, ketepatan, dan transportasi. Dalam masing-masing kluster tersebut terdapat kriteria-kriteria yang saling mempengaruhi, baik dalam kluster itu sendiri (Inner dependence) maupun dengan kriteria dari kluster lain (Outer Dependence). Hasil pembobotan dengan menggunakan metode ANP diperoleh urutan pembobotan Supplier yaitu untuk Supplier C= 0.4492, A= 0.1004, D= 0.2452, B= 0.2051. Sedangkan sebelum dilakukan evaluasi dan pemilihan Supplier didapatkan urutan Supplier C-D-A-B. Hal ini dikarenakan dalam metode ANP melihat hubungan saling mempengaruhi antar kriteria dan kluster.
Setelah didapatkan bobot ANP diatas tahap selanjutnya adalah melakukan alokasi order pada masing-masing supplier dengan menggunakan ILP untuk pemesanan 3 periode mendatang. Alokasi pesan untuk bulan Desember 2008, Januari dan Februari 2009 secara berurutan ke supplier C sebesar 70kw, 70kw, 70kw. Untuk supplier A 30kw, 30kw, 30kw. Untuk supplier D sebesar 20kw, 12kw, 16kw. Untuk supplier B tidak dilakukan alokasi pesan karena dari ketiga Supplier sebelumnya telah memenuhi jumlah permintaan perusahaan.

 

Keyword : ANP, ILP, Supplier

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/316/jiptummpp-gdl-s1-2009-diahriyani-15769-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


ANP; ILP; Supplier; UMM