PERENCANAAN PERBAIKAN PROSES PADA PRODUKSI GENTENG DENGAN METODE SIX SIGMA

MUFLIHAH AGUSTIN

Abstract


UD. BJ Mendit di Mendit Barat, Kec. Pakis adalah salah satu pusat home industri yang terkenal didaerah Malang dengan produksi gentengnya. Dari pengamatan yang dilakukan peneliti pada UD. BJ Mendit, ternyata proses produksi yang dilaksanakan saat ini masih sering ditemukan masalah-masalah teknis dan non teknis yang menyebabkan produk genteng yang dihasilkan menjadi cacat antara lain keropos, pecah, retak, gopel dan gosong. Upaya perbaikan proses produksi genteng ini sangat penting untuk dilaksanakan sehingga unit usaha ini mampu menghasilkan produk bebas cacat dan mengurangi kerugian yang timbul karena cacat produk
Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis cacat pada genteng, menganalisa penyebab utama cacat pada genteng menggunakan FMEA, dan memberikan recommended action untuk perbaikan proses produksi pada genteng Mendit. Tahapan-tahapan yang dilakukan sesuai dengan siklus Six Sigma: DMAIC, namun pada penelitian ini tidak dilakukan tahap Control.
Dalam tahap Define dilakukan identifikasi produk serta pembentukan tim Six Sigma. Pada tahap Measure dilakukan identifikasi jenis cacat yang menjadi prioritas (Critical To Quality) dan pengukuran kinerja proses yang ada sekarang dengan menghitung DPMO (Defect Per Million Opportunities) dan nilai Sigma. Tahap. Analyze mendeteksi atribut-atribut utama yang mempengaruhi terjadinya cacat yang dikategorikan pada CTQ. Pada tahap Improve dilakukan perbaikan proses yang ada dengan mengembangkan alternatif-alternatif untuk mereduksi atribut-atibut penyebab cacat.
Dari tahap-tahap yang dilakukan, diketahui bahwa cacat terbesar adalah pada cacat keropos. Keropos disebabkan karena kurangnya keahlian dan ketelitian pengrajin dalam mengolah bahan baku, dapat pula karena pelaksanaan proses yang kurang benar. Sehingga menghasilkan proses-proses kritis yang harus dilakukan perbaikan terlebih dahulu untuk dapat meningkatkan kualitas genteng Mendit.

 

Keyword : genteng, proses produksi, six sigma, DMAIC

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/316/jiptummpp-gdl-s1-2009-muflihahag-15770-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


genteng; proses produksi; six sigma; DMAIC; UMM