PERENCANAAN ALTERNATIF PERBAIKAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KINERJA LINGKUNGAN DENGAN METODE GREEN PRODUCTIVITY

. SARINAH

Abstract


Industri Tempe Kasmadi adalah salah satu industri rumah tangga pembuatan tempe yang berada di sentra tempe Sanan Kota Malang. Agar dapat bertahan di tengah krisis ekonomi saat ini, Industri Tempe Kasmadi berupaya untuk meningkatkan produktifitas usahanya, juga berupaya untuk mengurangi dampak lingkungan yang terjadi akibat proses produksi. Dengan penerapan Green Produktivity (GP) diharapkan bisa menjadi alternatif solusi yang tepat. Karena, GP yang digunakan pada penelitian ini digunakan untuk meningkatkan produktivitas sekaligus menurunkan dampak lingkungan.

Pada penelitian ini, dilakukan indentifikasi adanya permasalahan yang berhubungan pada penurunan ouput produksi juga tingginya kadar limbah berbahaya yang berpotensi besar mencemari lingkungan. Yang pertama dilakukan adalah pengukuran tingkat produktifitas serta penilain Kinerja Lingkungan menggunakan metode kiriteria penilaian PROPER. Alternatif perbaikan selanjutnya dirumuskan dan dipilih berdasarkan kelayakan untuk diimplementasi melalui analisis moneter. Kemudian alternatif terpilih diukur estimasi tingkat produktivitas dan perbaikan kinerja lingkungannya.

Dari hasil penelitian, didapatkan alternatif solusi untuk mengatasi permasalahan penurunan produktifitas dan tingginya kandungan zat kimia limbah cair yaitu dengan cara mengganti bahan bakar minyak tanah dengan LPG dan membangun instalasi biogas agar gas yang dihasilkan mampu membantu penghematan LPG sekaligus mengurangi kadar BOD dan COD air limbah. Jika menerapkan alternatif ini, dapat menurunkan kadar BOD dan COD serta mengasilkan biogas setara dengan LPG 604 Kg /tahun maka alternatif ini mampu memberikan kontribusi peningkatan produktivitas sebesar 5,25% serta meningkatkan kriteria penilaian PROPER yang semula hitam menjadi merah.

 

Keyword : Green Productivity, Kinerja Lingkungan, Penghematan

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/317/jiptummpp-gdl-s1-2009-sarinah045-15833-Pendahul-n.pdf


Keywords


Green Productivity; Kinerja Lingkungan; Penghematan; UMM