PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GENTENG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus Pada Pabrik Genteng UD. BJ Mendit Malang)

INDAH FITRA MARIA

Abstract


UD. BJ Mendit adalah merupakan prusahaan yanga bergerak dalam bidang industri terutama dalam pembuatan genteng yang mempunyai beberapa macam tipe, yang lokasinya berada di Kec. Pakis tepatnya di Dukuh Mendit Malang. Mengingat banyak perusahaan yang sejenis di daerah sekitarnya maka UD. BJ Mendit memiliki banyak persaingan. Oleh karena itu perusahaan bermaksud ingin mengembangkan usahanya.
Berdasarkan latar belakang permasalahan diatas maka dalam penelitian ini adalah bertujuan untuk merencanakan strategi pengembangan usaha yaitu dengan menggunakan metode Analytical Hierarcy Process (AHP). Karena AHP adalah metode yang berstruktur hirarki, dan selain itu AHP juga memiliki keunggulan dari segi proses pengambilan keputusan dan akomodasi untuk atribut-atribut baik kuntitatif dan kualitatif.
Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) maka terpilihlah cluster strategi I sebagai strategi pengembangan usaha yang meliputi menyebarkan selebaran, menambah mesin cetak, memperluas lokasi, modal sendiri.

 

Keyword : Analitycal Hierarchy Process (AHP), Stategi Pengembangan Usaha, Usaha Genteng

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/317/jiptummpp-gdl-s1-2009-indahfitra-15835-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Analitycal Hierarchy Process (AHP); Stategi Pengembangan Usaha; Usaha Genteng; UMM