PERANCANGAN KURSI PANGKAS RAMBUT BERBASIS ERGONOMI

Didit Hendrianto

Abstract


Saat ini telah banyak peralatan yang dibuat disesuaikan dengan ukuran tubuh (antropometri) manusia (pengguna). Desain ergonomis pada peralatan yang diperuntukkan kepada kaum laki-laki dan perempuan seharusnya berbeda karena antropometri laki-laki dan perempuan adalah berbeda. Pengaruh dalam posisi duduk sangat penting untuk menunjang kenyamanan pada saat operator melakukan aktivitas, dimana faktor kelelahan akan cepat timbul apabila kursi yang tidak memenuhi persyaratan yang baik (tidak ergomomi). Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh rancangan desain kursi pangkas rambut yang ergonomis yang disesuaikan dengan dimensi tubuh manusia dengan pendekatan ilmu ergonomi yaitu antropometri.
Ergonomi didefinisikan sebagai studi tentang aspek-aspek manusia dalam lingkungan kerjanya yang ditinjau secara anatomi, fisiologi, psikologi, engineering, manajemen dan desain/perancangan. Dalam perancangan atau mendesain tempat duduk ergonomi yang perlu diutamakan yaitu distribusi berat, tinggi tempat duduk, kedalaman dan lebar tempat duduk, sandaran punggung, dan bantalan. Untuk menghasilkan rancangan desain kursi kerja yang ergonomis yang perlu diperhatikan adalah dimensi tubuh manusia (antropometri). Sehingga muncul ide untuk membuat rancangan desain baru kursi pangkas rambut. Faktor yang tidak kalah pentingnya adalah dimensi tubuh dari operatornya sendiri yaitu berkaitan dengan gaya yang dibutuhkan, pandangan mata, posisi kerja sesuai dengan postur tubuhnya.
Dari pengolahan data yang dilakukan dengan pengumpulan data dimensi tubuh manusia untuk menentukan persentil 5% yang menyatakan ukuran terkecil dari dimensi tubuh manusia dan 95% menyatakan ukuran terbesar dari dimensi tubuh manusia yang digunakan dalam ukuran perancangan kursi dan data desain awal, kemudian dievaluasi antara antropometri, desain awal dan operator, sehingga menghasilkan rancangan gambar detail desain kursi pangkas rambut yang ergonomis.

 

Keyword : Antropometri, Ergonomi, Perancangan Tempat Duduk

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/318/jiptummpp-gdl-s1-2009-didithendr-15860-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Antropometri; Ergonomi; Perancangan Tempat Duduk; UMM