Perencanaan Kualitas Pada Produk Genteng Wendit Dengan Menggunakan Metode QFD (Quality Fuction Deploymen) (Study Kasus Pada UD. BJ Wendit Malang)

Saprita Anggun K.D

Abstract


Produk genteng wendit kurang mampu bersaing karena kualitasnya kurang bagus sehingga konsumen lebih menyukai produk genteng dari daerah lain, salah satunya genteng Tulungagung. Agar perusahaan tetap eksis dan tidak tenggelam dari sekian industri genteng yang ada, maka industri tersebut harus memperhatikan kualitasnya sehingga konsumen akan menyukai produk genteng wendit. Untuk dapat bersaing maka diperlukan usaha perbaikan proses produksinya yang pada akhirnya mampu meningkatkan daya saing.
Untuk mencapai tujuan diatas diperlukan perbaikan kualitas berdasarkan keinginan pasar dan kemampuan pesaing juga harus diperhatikan . Sehingga dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen dengan mengintegrasikan konsep Quality Function Deployment.
Dengan metode QFD diambil beberapa kesimpulan dan saran dari penelitian yang telah dilakukan dalam upaya memperbaiki kualitas terhadap genteng wendit. Lima atribut yang menjadi prioritas utama untuk ditingkatkan yaitu: Mutu genteng bagus, Kuat, Harga terjangkau, Tidak mudah retak, Tidak mudah bocor. Respon teknis yang diprioritaskan agar diperbaiki dan ditingkatkan untuk memenuhi kepuasan konsumen terhadap genteng wendit berdasarkan rumah kualitas (HOQ) yaitu : Bahan baku berasal dari ladang (11.229 %), Proses pembakaran dengan panas yang cukup selama sehari semalam (11.225%), Komposisi campuran bahan (8.814 %), Bentuk pengait antara satu dengan yang lainnya pas ( 7.256 %), Harus memperhatikan tekanan pada saat mencetak (6.485%).Berdasarkan nilai kontribusi respon teknis terhadap pemenuhan kepuasan pelanggan, prioritas perbaikan utama yang harus dilakukan oleh Genteng wendit adalah dengan meningkatkan daya saing genteng wendit dengan produk genteng lain dengan mempertimbangkan kelemahan dan kelebihan yang dimiliki oleh para pesaing. Rencana perbaikan dibuat dalam bentuk House of Quality (HOQ).

 

Keyword : Kualitas, HOQ (House of Quality)

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/318/jiptummpp-gdl-s1-2009-sapritaang-15864-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Kualitas; HOQ (House of Quality); UMM