ANALISA KELAYAKAN PRODUK GENTENG UNGGULAN (Studi kasus Perusahaan Genteng Mendit-Malang)

. SULISTYANINGSIH

Abstract


Dalam persaingan saat ini terutama produk genteng, diperlukan usaha yang cermat untuk meningkatkan agar perusahaan tetap eksis. Salah satu dari sekian industri pembuatan genteng di Malang adalah UD. BJ Mendit yang berada di Dukuh Wendit Malang. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah persaingan dengan perusahaan lain dimana masyarakat lebih banyak membeli genteng dari tempat lain di banding genteng Malang. Untuk itu UD. BJ Mendit berkeinginan memproduksi genteng yang disukai oleh pasar
Berdasarkan latar belakang yang dibahas, maka dapat dibuat rumusan masalah bagaimana menganalisa kelayakan produksi genteng yang disukai pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui produk genteng yang disukai pasar di daerah malang dan menganalisa kelayakan investasi industri genteng UD. BJ Mendit.
Metode yang digunakan adalah analisa cluster untuk membentuk segmen, cluster yang terbentuk cluster 1 dan cluster 2, cluster yang dominan ditunjukkan oleh jarak yang lebih panjang pada dendogram oleh sebab itu yang terpilih adalah genteng karang pilang., pemilihan genteng karang pilang karena hasil Anova karang pilang memiliki nilai F hitung lebih dari F tabel 5% sebesar 4,965. Analisa kelayakan genteng genteng karang pilang adalah dengan NPV sebesar Rp. 74478883, PI sebesar 1.90, IRR sebesar 25,44 % dan BEP atau titik impas dicapai apabila perusahaan menjual dengan harga Rp. 2032,11 per unit.

 

Keyword : Analisa Cluster, Analisa Kelayakan

 

Related Link : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/318/jiptummpp-gdl-s1-2009-sulistyani-15866-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Analisa Cluster; Analisa Kelayakan; UMM