Department of Industrial Engineering, 2006

Font Size:  Small  Medium  Large   Print Page

APLIKASI PENDEKATAN KONSEP USE-PDSA GUNA MERENCANAKAN PERBAIKAN KUALITAS TIANG PANCANG (Studi Kasus PT. HUME SAKTI INDONESIA)

Muhammad Salahuddin

Abstract


PT. HUME SAKTI INDONESIA (HSI), adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang beton pratekan untuk bangunan gedung dan pembangunan yang lainya. Ada tiga produk utama yang dihasilkan yaitu, Tiang Pancang, Tiang Telepon, Tiang Listrik. Bagi perusahaan ini peningkatan kualitas terhadap produk yang dihasilkan sangatlah penting di masa global saat ini. Tak luput dari kesalahan perusahaan ini juga mengalami masalah dengan kualitas produk yang dihasilkan. Dari pengamatan dan wawancara yang dilakukan dengan pihak Quality Control dan Produksi, ditemukan adanya beberapa permasalah yaitu perusahaan mengalami kesulitan dalam menurunkan jumlah produk cacat. Hal ini disebabkan karena adanya produk yang mengalami atau melampaui criteria yang telah ditentukan seperti keropos garis sambung, lengket, retak melingkar, retak memanjang, spiral tampak, keropos bintik-bintik dan kuat tekan yang rendah (khusus untuk perencanaan). Akibat dari banyaknya produk cacat maka tingkat DPMO awal untuk perusahaan adalah 10853 persatu juta kesempatan dengan total kerugian Rp 5.680.000.
Untuk mengatasi masalah tersebut dalam usaha rencana perbaikan kualitas produk beton pratekan ini dilakukan dengan menggunakan konsep atau siklus USE-PDSA (Understand, State, Evaluate, Plan, Do, Study, Act). Di dalam siklus USE-PDSA diawali dengan menentukan tujuan dan obyek yang diteliti, melakukan pengukuran terhadap kemampuan proses pada perusahaan, melakukan penelusuran terhadap factor-faktor penyebab timbulnya cacat dengan menggunakan fishbone diagram dan menggali ide-ide perbaikan berdasarkan diagram sebab akibat kemudian memilih alternative yang akan kita rekomendasikan berdasarkan tabel FMEA, dimana rekomendasi untuk pemilihan alternative ini berdasarkan pada nilai prioritas tertinggi (RPN). Penelitian ini betujuan untuk mencari solusi apakah yang dapat direkomendasikan untuk perbaikan kualitas beton tiang pancang ini.

 

Keyword : USE-PDSA ,FishBone Diagram, FMEA, DPMO

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/187/jiptummpp-gdl-s1-2007-muhammadsa-9323-Pendahul-n.pdf



Abstract: PDF , PS , DOC