EVALUASI KINERJA ARMADA PENGANGKUTAN SAMPAH KOTA MALANG

DADANG WIBISSONO

Abstract


Dalam pengangkutan sampah di kota besar seperti Kota Malang di harapkan mempunyai suatu sistem pengangkutan sampah yang baik agar tidak terjadi penumpukan sampah di tempat timbunan maupun di TPS. Pengangkutan sampah di kota Malang, kelancaran pengangkutan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang antara lain adalah, kemacetan yang terjadi pada proses pengangkutan, jarak yang jauh, dan volume sampah yang tinggi.
Kinerja armada saat ini kurang maksimal, karena dari perhitungan alternatif yang dilakukan terjadi over time dan perlu adanya penambahan armada pada kedua jenis armada yang di kaji yaitu Container dan Dump Truk. Sehingga volume sampah di Kota Malang dapat terangkut dan proses pengangkutan sampah dapat ditingkatkan.
Dari hasil perhitungan waktu operasi, terjadi over time (melebihi jam kerja yang ditetapkan seharusnya, yaitu 8 jam). Over time yang dialami armada Container, 9.14 jam sampai 13.18 jam. Dan over time yang dialami oleh armada Dump Truk adalah 10,01 jam. Sehingga untuk meningkatkan kinerja armada alternatif pertama dengan metode HCS, penambahan perlu dilakukan pada kedua jenis kendaraan yaitu untuk Container perlu penambahan 2 unit kendaraan, sedangkan untuk Dump Truk tidak perlu dilakukan penambahan armada karena truk yang ada saat ini sudah dapat melayani sampah yang ada di TPS-TPS.
Dan alternatif yang kedua perlu dilakukan pengaturan jam operasi karena jam pada saat kondisi eksisting ada beberapa armada yang mengalami over time. Sehingga setelah dilakukan perbaikan waktu yang dibutuhkan tidak melebihi dari 8 jam.
Sehingga setelah dilakukan atau dipilih alternatif-alternatif yang disajikan diharapkan dapat meningkatkan kinerja armada pengangkutan sampah kota Malang.

 

Keyword : kinerja armada, Pengangkutan sampah, Over time

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/339/jiptummpp-gdl-s1-2009-dadangwibi-16949-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


kinerja armada; Pengangkutan sampah; Over time; UMM