PENGARUH PENAMBAHAN SILICA FUME TERHADAP KUAT TEKAN dan POROSITAS BETON NON PASIR ( STUDY PENELITIAN)

INDRO SUSILO

Abstract


Beton non pasir sendiri adalah beton yang mengunakan bahan campuran agregat kasar, semen, air serta bahan tambah jika diperlukan dan menghilangkan pasir dalam campurannya. Beton non pasir dapat digunakan pada struktur, plat bagian bawah saluran drainase, bangunan tidak bertingkat, dan lain-lain. Namun karena menghilangkan pasir dalam campurannya beton non pasir memiliki banyak rongga sehingga dapat mengurangi kuat tekannya, untuk mengatasi hal tersebut maka digunakan bahan tambah silika fume dalam memperbaiki karakteristik beton non pasir.
Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penambahan silika fume terhadap kuat tekan dan porositas beton pada umur 28 hari. Pengujian dilakukan dengan membuat benda uji sebanyak 42 yang terdiri 7 variasi yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, 30% silika fume dari berat semen. Yang masing-masing perilaku terdiri dari 6 pengulangan dengan ukuran 15?30 cm.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai porositas semakin menurun seiring dengan penambahan silika fume sedangkan nilai kuat tekan meningkat dengan penambahan silika fume namun penambahan silika fume optimum terjadi pada penambahan silika fume sebesar 7% dari berat semen didapat porositas sebesar 11.5% dan kuat tekan beton non pasir sebesar 245.01 kg/cm2.

 

Keyword : Beton Non Pasir, Silika Fume

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/340/jiptummpp-gdl-s1-2009-indrosusil-16951-1.+Penda-n.pdf


Keywords


Beton Non Pasir; Silika Fume; UMM