STUDI PEMANFATAAN SAMPAH SEBAGAI LANGKAH UNTUK MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH DI TPS VELODROME MADYOPURO KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

. SUKIRNO

Abstract


Kawasan TPS Velodrome merupakan kegiatan rumah tangga, sehingga sampah yang di hasilkan sebagian besar dari sampah dapur atau sampah basah yang nantinya akan diangkut ke TPS Velodrome dengan memakai gerobak. Pengelolaan sampah dengan mereduksi sampah dari sumber belum dijadikan program oleh dinas kebersihan kota malang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah timbulan sampah, komposisi sampah, pemanfaatan sampah, nilai ekonomi, dan pengaruh terhadap pemanasan global pada kawasan TPS Velodrome.
Metodologi yang di pakai adalah dengan melakukan pemilahan sampah selama 7 hari, per harinya adalah 3 gerobak, dimana sampah yang di pilah yaitu yang dapat di kompos dan daur ulang dari tiap-tiap gerobak pada masing-masing RW dengan dibantu pihak setempat. Hasil dari pemilahan akan di gunakan sebagai langkah untuk menentukan pengambilan data teknis meliputi jumlah timbulan sampah, komposisi sampah dari setiap jenis kegiatan di TPS Velodrome. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan mengunakan kesetimbangan massa atau mass balance, kemudian di lakukan analisa sebagai upaya untuk melakukan pemanfaatan sebagai langkah mereduksi sampah di TPS Velodrome.
Hasil dari jenis kegiatan untuk melakukan pemilahan sampah sebanyak 21 gerobak dengan melakukan perhitungan sebenarnya dan rencana, maka dapat di ketahui selisih pemanfaatan sampah, yang mana dapat mengurangi jumlah timbulan sampah di TPS Velodrome yang nantinya akan berdampak terhadap timbulan sampah di TPA yang dapat mempengaruhi terjadinya pemanasan global.

 

Keyword : Pengurangan sampah di TPS Velodrome, Madyopuro, Kedungkandang, Kota Malang

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/340/jiptummpp-gdl-s1-2009-sukirno045-16953-1_Pendah-n.pdf


Keywords


Pengurangan sampah di TPS Velodrome; Madyopuro; Kedungkandang; Kota Malang; UMM