EVALUASI KINERJA BUS EKONOMI TRAYEK MALANG - KEDIRI

EKO SUPRIONO

Abstract


Angkutan umum penumpang rute Malang ? Kediri merupakan angkutan yang melayani antar kota dalam propinsi, sedangkan jalur ini merupakan salah satu rute yang sangat panjang dengan jarak tempuh ? 4 jam, adanya aktifitas penumpang naik turun sangat berpengaruh pada tinggi rendahnya load faktor sehingga hal ini menyebabkan banyak penumpang yang belum terlayani terutama pada jam sibuk, termasuk tingkat kenyamanan penumpang. Seirng dengan perubahan waktu adakalanya perencanaan memerlukan evaluasi kembali kinerja angkutan bus ekonomi rute Malang ? Kediri yang khususnya melewati jalur Batu jika ditinjau dari frekuensi, Headway, Load faktor, kecepatan perjalanan dan waktu tunggu.
Dengan mengacu permasalahan di atas kinerja bus ekonomi (AKDP) ada tiga nilai bobot yaitu : kecepatan perjalanan arah Kediri 27.84 km/jam dan arah Malang 28 km/jam, rata-rata waktu perjalanan arah Kediri 2.21 menit dan arah Malang 2.22 menit, rata-rata waktu tunggu penumpang arah Kediri 7 menit dan arah Malang 7.5 menit. Untuk nilai bobot 2 meliputi parameter : awal dan akhir waktu pelayanan Terminal Landungsari pukul 04.00-20.00 dan Terminal Kediri pukul 2.30-19.00, Headway arah Kediri 14 menit dan arah Malang 15 menit, Frekuensi arah Kediri maupun arah Malang 4 kend/jam. Untuk nilai bobot 1 meliputi: faktor muat jam sibuk arah Kediri 253% dan arah Malang 255%, faktor diluar jam sibuk arah Kediri 244% dan arah malang 239%, waktu pelayanan Terminal Langdungsari 16 jam dan Terminal Kediri 16.30 jam, jumlah kendaraan yang beroperasi 42% untuk semua arah yaitu Malang ? Kediri dan Kediri ? Malang.
Hasil evaluasi kinerja bus ekonomi trayek Malang ? Kediri maupun yang arah Kediri ? Malang sesuai standar kinerja pelayanan angkutan umum berdasarkan total nilai bobot untuk rute Malang-Kediri 19 dan Kediri-Malang 19, kinerja bus ekonomi (AKDP) trayek Malang-Kediri maupun sebaliknya dari Kediri-Malang termasuk kriteria baik, yaitu dengan nilai antara (18.00 - 24.00).

 

Keyword : Kinerja Angkutan Umum, Indikator Pelayanan

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/324/jiptummpp-gdl-s1-2009-ekosuprion-16175-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Kinerja Angkutan Umum; Indikator Pelayanan; UMM