STUDI EVALUASI PELAYANAN PARKIR DI KAWASAN PASAR SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO

NURUDDIN MUHAMMAD HAMDALAH

Abstract



Pasar Sumberrejo terletak di kawasan simpang empat Sumberrejo, yang menghubungkan Kota Bojonegoro dengan Kota Surabaya. Pasar Sumberrejo dituntut untuk menyediakan fasilitas parkir yang memadai untuk menampung kendaraan pengunjung. Adanya pedagang kaki lima yang menempati lahan parkir di halaman Pasar Sumberejo, mengakibatkan sebagian lahan parkir mobil di halaman pasar digunakan untuk parkir motor, sehingga tepi jalan Raya Sumberrejo digunakan untuk tempat parkir mobil, ditambah lagi tidak adanya pembatas atau marka yang menegaskan bahwa di tepi jalan tersebut merupakan lahan parkir dan adanya becak yang mangkal pada sembarang tempat di ruas jalan Raya Sumberrejo, sehingga dapat berpotensi mengurangi lebar efektif jalan dan dapat menimbulkan gangguan lalu lintas. Dengan keadaan di atas, maka perlu dilakukan studi evaluasi untuk mengetahui pelayanan parkir dan kinerja ruas jalan di kawasan tersebut.
Evaluasi pelayanan parkir berdasarkan nilai Indeks Parkir dan Turn Over Parkir. Sedangkan untuk evaluasi kinerja ruas jalan mengacu pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (1997) bahasan ruas jalan perkotaan.
Tingkat pelayanan parkir di kawasan pasar Sumberrejo saat ini yaitu untuk lahan parkir pasar Sumberrejo, untuk parkir motor Indeks Parkir tertinggi 166,3% (lokasi A) dan Turn Over Parkir tertinggi 0,57 kend/SRP/jam (lokasi A), sedangkan untuk parkir mobil didapatkan Indeks Parkir 100% dan Turn Over Parkir 0,26 kend/SRP/jam. Parkir tepi Jalan Raya Sumberrejo (mobil), didapatkan Indeks Parkir 79,3% dan Turn Over Parkir 0,20 kend/SRP/jam. Kinerja ruas jalan Raya Sumberrejo saat ini, didapatkan kapasitas jalan 2482,08 smp/jam, dengan kecepatan arus bebas sebesar 36,45 km/jam dan derajat kejenuhan sebesar 0,27. Permintaan ruang parkir di kawasan pasar Sumberrejo pada 5 tahun yang akan datang (2013), untuk parkir mobil diketahui permintaan ruang parkir 38 SRP dan untuk parkir motor diketahui permintaan ruang parkir 402 SRP.

 

Keyword : Pelayanan Parkir

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/332/jiptummpp-gdl-s1-2009-nuruddinmu-16582-pendahul-n.pdf


Keywords


Pelayanan Parkir; UMM