ANALISA STABILITAS TUBUH BENDUNGAN PADA BENDUNGAN TAPIN KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN

Galih Subhakti

Abstract


Bendungan adalah bangunan pengairan yang berfungsi untuk menampung air selama musim penghujan yang dapat digunakan pada musim kemarau untuk berbagai macam keperluan.
Jebolnya suatu bendungan urugan, biasanya dimulai dengan terjadinya suatu gejala longsoran baik pada lereng hilir, maupun pada lereng hulu bendungan tersebut, yang disebabkan kurang memadainya stabilitas kedua lereng tersebut. Karena dalam pembangunan suatu bendungan urugan,stabilitas lereng-lerengnya merupakan kunci dari stabilitas bendungan secara keseluruhan.
Hasil dari perhitungan didapat,Analisa stabilitas lereng hulu pada kondisi air penuh Fs gempa = 3.4 dan Fs normal = 4.7, analisa stabilitas lereng hulu pada kondisi air turun tiba ?tiba Fs gempa = 2.9 dan Fs normal = 7.02 ,analisa stabilitas lereng hulu pada kondisi air kosong Fs gempa = 3.4 dan Fs normal = 7.6 ,analisa stabilitas lereng hilir pada kondisi air penuh Fs gempa = 1.2 dan Fs normal = 3.7,analisa stabilitas lereng hilir pada kondisi air kosong Fs gempa = 1.6 dan Fs normal = 3.1

 

Keyword : Bendungan, Stabilitas Tubuh Bendungan

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/332/jiptummpp-gdl-s1-2009-galihsubha-16583-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Bendungan; Stabilitas Tubuh Bendungan; UMM