EVALUASI BIAYA DAN WAKTU TERHADAP PENJADWALAN DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAM PRIMAVERA PROJECT PLANNER 3.0 PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG PKK PEMPROP. KALSEL (TAHAP I)

EMIR SYARIEF MUDATARUNA

Abstract


Dalam perencanaan proyek yang bersifat kompleks maka diperlukan suatu manajemen yang baik supaya memudahkan dalam pelaksanaan sehingga proyek dapat berjalan lancar dan tepat waktu. Faktor kebutuhan sumber daya harus diperhitungkan untuk mengurangi terjadinya sumber daya untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya pemerataan tenaga kerja. Untuk memudahkan dalam menyusun jadwal, menganalisa jaringan kerja dan pengelolaan sumber daya digunakan alat bantu komputer yang berupa software paket Primavera Project Planner 3.0 sehingga diperoleh besarnya anggaran biaya optimal dan waktu optimal.
Berdasarkan hasil analisa perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan Program Primavera Project Planner 3.0 didapat durasi atau total waktu pelaksanaan selama 144 hari. Total biaya proyek dari analisa Primavera Project Planner 3.0 adalah sebesar Rp 3.126.948.440,19 (belum termasuk keuntungan kontraktor dan PPN 10%) yang berdasarkan pada harga satuan tahun 2007.
Dari hasil analisa Primavera Project Planner 3.0 terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan input data yaitu harus dibuat diagram hubungan ketergantungan yang logis antar pekerjaan sehingga dapat menghasilkan jadwal pekerjaan yang baik dan tidak kacau pada pelaksanaannya dan juga Sebelum melakukan pengendalian dan pemerataan jumlah sumber daya yang digunakan, sebaiknya terlebih dahulu diketahui jumlah volume yang dikerjakan dengan jumlah sumber daya yang tersedia dengan tetap memperhatikan kemampuan tiap-tiap sumber daya tersebut.

 

Keyword : Penjadwalan Biaya dan Waktu

 

Link terkait : http://skripsi.umm.ac.id/files/disk1/334/jiptummpp-gdl-s1-2009-emirsyarie-16697-PENDAHUL-N.pdf


Keywords


Penjadwalan Biaya; Waktu; UMM